Dharma, Purnamasari Vidya and Ariesta, Ria and Agus, Joko Purwadi (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS DI SMA NEGERI 1 BENGKULU TENGAH KELAS XI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi baru.pdf [thumbnail of Skripsi baru.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi baru.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Purnamasari Vidya Dharma. 2014. Implementasi Pembelajaran Bahasa
Indonesia Berbasis Teks Di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah Kelas XI. Skripsi
Program Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan
Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Bengkulu. Pembimbing Utama. Dr. Ria Ariesta, M.Pd. dan Pembimbing
Pendamping Drs. Agus Joko Purwadi, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
berbasis teks yang telah dilakukan dan dilaksanakan oleh guru di kelas XI IPS dan
IPA di SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah pada pembelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif, dengan
sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia
yang mengajar di kelas XI IPS 4, IPS 5, IPA 3, IPA 4, dan siswa di kelas XI IPS 4,
IPS 5, IPA 3, dan IPA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membuat
rancangan pembelajaran sebelum pelaksanaan pembelajaran berlangsung, yaitu
RPP. Pelaksanaan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan di kelas tidak
seluruhnya terlaksana sesuai rancangan. Tahap pembelajaran yang terdiri kegiatan
membangun konteks, pemodelan, menyusun teks secara berkelompok, dan
menyusun teks secara mandiri. Dari keempat tahapan pembelajaran tersebut yang
dilaksanakan oleh kedua guru sesuai rancangan ada dua tahapan, yaitu membangun
konteks dan pemodelan. Pada tahapan menyusun teks secara berkelompok dan
menyusun teks secara individu pada pelaksanaannya belum sesuai rancangan.
Dilihat dari alokasi waktu pelaksanaan pembelajaran yang singkat dan adanya
kegiatan sekolah, pelaksanaan pembelajaran berbasis teks dilaksanakan dengan
kurang efektif.
Kata kunci : Implementasi, pembelajaran, berbasis teks.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:41 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14395 |