Noprianti, Tika and Ariesta, Ria and Padi, Utomo (2018) PELAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGRI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PDF SKRIPSI.pdf [thumbnail of PDF SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PDF SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (754kB)
Abstract
ABSTRAK
Noprianti, Tika. 2018. Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Skripsi. Program
Sarjana (S-1) Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan. Universitas Bengkulu. Pembimbing 1: Dr. Ria Ariesta, M.Pd. 2.
Drs. Padi Utomo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyusunan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan proses pelaksanaan pendekatan saintifik
dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode
penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini
adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan guru dan pelaksanaan
proses pembelajaran Bahasa Indonesia antara guru dan peserta didik di kelas
mengenai pembelajaran berbasis teks di kelas VII B dan VII C SMP Negeri 15
Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
dokumentasi, observasi, dan wawancara. Langkah-langkah analisis data dalam
penelitian ini: (1) Membaca Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) buatan
Guru, (2) Mengamati Proses Pembelajaran, (3) Melihat Kesesuaian Proses
Pembelajaran dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (4)
Menganalisis Data Penelitian Sesuai Permasalahan, dan (5) Interpretasi dan
Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru sudah dipersiapkan
dengan baik dan menggunakan RPP berbasis saintifik. Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru telah mencakup: 1) data sekolah,
mata pelajaran, dan kelas/semester, 2) kompetensi inti, 3) kompetensi dasar dan
indikator, 4) tujuan pembelajaran, 5) materi pembelajaran, 6) metode
pembelajaran, 7) media, alat dan bahan, 8) langkah-langkah pembelajaran, dan 9)
penilaian. (2) Pada pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII telah
diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, dengan langkah�langkah pembelajaran sebagai berikut (1) pendahuluan, (2) inti, dan (3) penutup.
Pada kegiatan inti guru telah menerapkan lima langkah pendekatan saintifik yaitu
mengamati, menanya, menalar atau mengumpulkan informasi, mencoba, dan
mengomunikasikan.
Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pendekatan Saintifik.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:43 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14412 |