Apriani, Anggi and Hardiah, Mei and Azhar, Aziz Lubis (2022) PROBLEMS IN PRONUNCING ENGLISH WORD STRESS OF PROSPECTIVE ENGLISH TEACHERS (A CASE STUDY OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM STUDENTS). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI - ANGGI APRIANI - A1B018049.pdf [thumbnail of SKRIPSI - ANGGI APRIANI - A1B018049.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI - ANGGI APRIANI - A1B018049.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
Apriani, A. (2022). Problems in Pronuncing English Word Stress of Prospective
English Teacher (A Case Study of English Education Study Program
Students). Skripsi S1. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Jurusan
Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Bengkulu.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa dengan bahasa
Inggris sebagai bahasa asing mengalami kesulitan dalam pelafalan penekanan kata.
Calon guru bahasa Inggris membutuhkan pengetahuan tentang pelafalan kata yang
benar terkait pekerjaannya di masa depan, yaitu menjadi guru bagi siswa.
Berdasarkan fakta tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
mengidentifikasi kemampuan siswa dalam pelafalan penekanan kata, dengan penutur
asli sebagai referensinya. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dalam
penelitian ini karena bertujuan untuk mendeskripsikan dan menghitung pelafalan
tekanan kata dalam bentuk statistik menggunakan Aplikasi Praat. Hasil penelitian
menunjukkan adanya perbedaan skor antara siswa dan penutur asli dengan rentang
nilai keseluruhan berkisar antara 1-504 poin. Kata “Januari” menjadi kata yang
paling sulit untuk diucapkan penekanan katanya. Sebanyak 76,9% siswa memiliki
skor nada berada pada rentang >0.100. Sementara itu, kata yang dianggap paling
mudah untuk diucapkan di antara 10 kata secara keseluruhan adalah kata
"Teknologi". Hal ini dikarenakan hanya 15.3% atau 2 skor nada yang memiliki
rentang skor nada >0,100. Peneliti menyimpulkan bahwa siswa sebagai calon guru
bahasa Inggris mengalami kesulitan dalam mengucapkan tekanan kata pada kata
yang berjumlah 4 suku kata. Hal ini dibuktikan dengan tingginya rentang skor nada
antara penutur asli dan siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk lebih fokus
pada aspek atau faktor yang mempengaruhi pelafalan penekanan kata oleh siswa.
Kata kunci:pelafalan, tekanan kata, dan calon guru bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of English Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 01:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 01:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14469 |