STUDENTS’ DIFFICULTIES IN ANSWERING READING COMPREHENSION QUESTIONS OF REPORT TEXT AT THIRD GRADE OF SMPN 1 BENGKULU SELATAN

Risanda, Sepmi and Elfrida, Elfrida and Kasmaini, Kasmaini (2022) STUDENTS’ DIFFICULTIES IN ANSWERING READING COMPREHENSION QUESTIONS OF REPORT TEXT AT THIRD GRADE OF SMPN 1 BENGKULU SELATAN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SEPMI RISANDA (A1B018052).pdf] Text
SKRIPSI SEPMI RISANDA (A1B018052).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Risanda, S. (2022). Students’ Difficulties in Answering Reading Comprehension
Questions of Report Text at Third Grade of SMPN 1 Bengkulu Selatan .
Undergraduate Thesis. English Education Study Program of Language and Art
Department. Faculty of Teacher Training and Education. University of Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa dalam menjawab
pertanyaan dalam teks report dan penyebab dari kesulitan-kesulitan dalam menjawab
pertanyaan tentang teks report. Partisipan penelitian ini adalah 63 siswa kelas tiga SMPN
1 Bengkulu Selatan. Penelitian ini menggunakan desain metode deskriptif kuantitatif.
Data diperoleh melalui tes pemahaman membaca dan wawancara. Tes pemahaman
membaca pada penelitian ini merupakan adopsi dari lembar kerja siswa yang di terbitkan
oleh Tiga Serangkai yang terdiri dari 25 pertanyaan pilihan ganda. Tes pemahaman
membaca divalidasi dengan menggunakan pedoman interpretasi menurut SPSS.
Reliabilitas diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach‟s Alpha pada software
SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami beberapa kesulitan
dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam teks report dan ada beberapa penyebab
yang menyebabkan siswa kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam teks
report. Kesulitan-kesulitan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam teks report adalah
mencari kata ganti, pemahaman kosakata dan membuat kesimpulan. Menarik kesimpulan
adalah aspek yang paling sulit dengan persentase siswa yang menjawab pertanyaan
tentang menarik kesimpulan dengan salah adalah 73%. Penyebab dari kesulitan siswa
dalam menjawab pertanyaan pemahaman membaca tentang teks report adalah kurangnya
kosakata, kurangnya strategi dan kurangnya minat dan motivasi.
Kata Kunci : Pemahaman Membaca, Kesulitan, Teks Report.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:21
Last Modified: 10 Aug 2023 08:21
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item
View Item