AN ANALYSIS OF DERIVATIONAL AND INFLECTIONAL MORPHEMES IN THE CNN NEWS

Oktariani, Tika Tri and Zahrida, Zahrida and Indah, Damayanti (2022) AN ANALYSIS OF DERIVATIONAL AND INFLECTIONAL MORPHEMES IN THE CNN NEWS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS-TIKA TRI OKTARIANI-A1B018028.pdf] Text
THESIS-TIKA TRI OKTARIANI-A1B018028.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Oktariani, Tika Tri. 2022. An Analysis of Derivational and Inflectional
Morphemes in The CNN News. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris, Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Bengkulu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan morfem
derivasi dan morfem infleksi dalam artikel-artikel di CNN News. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah tiga
artikel berita CNN News. Data dikumpulkan dari dokumen artikel di CNN
News. Peneliti menganalisis data dengan menerapkan teori Fromkin et al
(2014). Dari 83 data morfem derivasi dan 209 data morfem infleksi, diperoleh
hasil bahwa terdapat 9 proses derivasi dan 8 proses infleksi. Jenis proses
derivasi dalam artikel adalah Noun to Adjective, Verb to Noun, Adjective to
Adverb, Noun to Verb, Adjective to Noun, Verb to Adjective, Noun to Noun,
Verb to Verb, dan Adjective to Adjective. Sedangkan jenis-jenis proses
infleksi adalah Simple Present Tense, Past Tense, Progressive, Past Participle,
Plural, Possesive, Comparative dan Superlative. Kesimpulannya, proses
Adjective to Verb merupakan satu-satunya proses derivasi yang tidak
ditemukan berdasarkan 10 proses derivasi yang dikemukakan oleh Fromkin
et al (2014). Sedangkan semua jenis proses infleksi terdapat dalam artikel.
Kata Kunci: Morfem, Morfem Derivasi, Morfem Infleksi, CNN News

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:22
Last Modified: 10 Aug 2023 08:22
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14509

Actions (login required)

View Item
View Item