A COMPARATIVE STUDY ON REPORTING VERBS IN RESEARCH ARTICLE INTRODUCTIONS WRITTEN BY INDONESIAN AUTHORS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING PUBLISHED IN LOW-RANKING AND MEDIUM-RANKING JOURNALS

Raningrum, Ibesti Agenum and Safnil, Safnil and Muhammad, Fadhli (2022) A COMPARATIVE STUDY ON REPORTING VERBS IN RESEARCH ARTICLE INTRODUCTIONS WRITTEN BY INDONESIAN AUTHORS IN ENGLISH LANGUAGE TEACHING PUBLISHED IN LOW-RANKING AND MEDIUM-RANKING JOURNALS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of REVISI SETELAH SIDANG.pdf] Text
REVISI SETELAH SIDANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Raningrum, Ibesti Agenum. 2022. Studi Komparatif Verba Pelaporan dalam
Pendahuluan Artikel Penelitian Ditulis oleh Penulis Indonesia
dalam Pengajaran Bahasa Inggris Diterbitkan di Jurnal
Berperingkat Rendah dan Menengah. Pembimbing I. Prof. Safnil,
M.A., Ph.D., Pembimbing II: Muhammad Fadhli, S,Pd., M.Pd.
Kajian Verba Pelaporan (VP) jarang dilakukan oleh para mahasiswa Indonesia, dan
sulit menemukan kajian VP dalam literatur. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana penulis Indonesia menggunakan VP di bagian
pendahuluan artikel penelitian yang diterbitkan di jurnal pengajaran bahasa Inggris
peringkat rendah dan menengah dan menyelidiki perbedaan penggunaan VP yang
digunakan oleh mereka di kedua kelompok jurnal. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan desain komparatif yang meneliti 40 artikel penelitian
bagian pendahuluan yang diterbitkan dalam peringkat rendah (SINTA 6: Journal of
English Language Education, dan SINTA 5: The Journal of English Literacy
Education) peringkat menengah (SINTA 4: Journal of English Education and
Teaching, dan SINTA 3: Forum ELT: Journal of English Language Teaching) jurnal
pengajaran bahasa Inggris tahun 2021. Data diambil dengan menggunakan teknik
purposive sampling dan dianalisis dengan menggunakan kerangka VP dari Francis et
al. (1996). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis jurnal pengajaran bahasa
Inggris peringkat rendah dan menengah Indonesia menggunakan semua VP di bagian
pengantar artikel penelitian, tetapi VP yang paling sering digunakan oleh mereka
adalah Argue Verbs. Selain itu, penulis jurnal pengajaran bahasa Inggris peringkat
rendah Indonesia lebih banyak menggunakan Find dan Think Verbs. Sementara itu,
Argue dan Show Verbs lebih sering digunakan oleh penulis Indonesia pada jurnal
pengajaran bahasa Inggris peringkat menengah. Temuan ini menunjukkan
pentingnya menggunakan VP dalam menulis artikel penelitian bagian pengantar
untuk penulis Indonesia di bidang pengajaran bahasa Inggris. Penulis disarankan
untuk menggunakan Argue Verb, diikuti dengan Find dan Show Verbs dalam
menulis pendahuluan artikel penelitian.
Katakunci: Jurnal pengajaran bahasa Inggris, jurnal peringkat menengah, jurnal
peringkat rendah, verba pelaporan, pendahuluan artikel penelitian.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Aug 2023 08:23
Last Modified: 10 Aug 2023 08:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14514

Actions (login required)

View Item
View Item