Oktarina, Rananda and Rahayu, Ngudining and Dian, Eka Chandra Wardhana (2022) TINDAK TUTUR ILOKUSI ASERTIF GURU PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 15 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Rananda Oktarina.pdf [thumbnail of Skripsi Rananda Oktarina.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Rananda Oktarina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Rananda Oktarina. 2022. Tindak Tutur Ilokusi Asertif Guru Pada Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 15 Kota Bengkulu.
Dra. Ngudining Rahayu, M.Hum., dan Dr. Dian Eka Chandra Wardhana, M.Pd.,
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi asertif guru pada mata
pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini mengangkat dua
permasalahan yaitu : (1) bagaimana tindak tutur ilokusi asertif guru pada mata pelajaran
bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, dan (2) Bagaimana fungsi tindak tutur
guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 15 Kota
Bengkulu. Sumber data dalam penelitian ini berupa tuturan asertif guru yang terjadi pada
proses pembelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik
observasi dan teknik rekam. Langkah-langkah analisis data yang dilakukan ada lima tahap
yaitu (1) mentranskripsikan data, (2) mengidentifikasi data, (3) mengklasifikasi data, (4)
menginterpretasi data, (5) menyimpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
yang diperoleh tindak tutur asertif guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia meliputi
tindak tutur ilokusi asertif menyatakan, tindak tutur ilokusi asertif memberitahukan, tindak
tutur ilokusi asertif menyarankan, dan tindak tutur ilokusi asertif melaporkan. Serta fungsi
tindak tutur yang ditemukan yaitu bekerja sama (Collaborative) yang terdiri dari tuturan
menyatakan dan melaporkan.
Kata Kunci : tindak tutur asertif, proses pembelajaran bahasa Indonesia, SMP Negeri 15
Kota Bengkulu
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 01:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14555 |