PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (Problem Solving) PADA KONSEP TEGANGAN PERMUKAAN DAN VISKOSITAS (Research and Development)

Carlina, Nova and Desy, Hanisa Putri (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (Problem Solving) PADA KONSEP TEGANGAN PERMUKAAN DAN VISKOSITAS (Research and Development). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NOVA CARLINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kelayakan dan menghasilkan karakteristik modul pembelajaram fisika berbasis pemecahan masalah. Metode penelitian R&D dengan model 3D yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendefinisian (observasi, studi literatur, analisis kebutuhan, dan analisis bahan ajar), perancangan (validasi desain dan revisi desain ) dan pengembangan (validasi modul dan revisi modul) oleh Thiagrajan (1974). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru dan siswa, lembar penilaian ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan termasuk dalam kategori cukup valid dengan aspek isi 71%, aspek penyajian sebesar 75%, aspek bahasa sebesar 75% dan aspek pemecahan masalah sebesar 71% serta kegrafikan sebesar 75% memiliki kriteria cukup valid. Kata Kunci: modul pembelajaran, pemecahan masalah, tegangan p

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/14602

Actions (login required)

View Item View Item