Sartika, Ferenc Fitriani and Syafdi, Maizora (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016049_FERENC FITRIANI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) sehingga dapat meningkatkan aktivitas
belajar dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu tahun ajaran
2019/2020 berjumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan lembar tes
kemampuan pemahaman konsep akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Aktivitas belajar peserta
didik dapat ditingkatkan dengan cara menunjuk secara acak peserta didik untuk
memimpin membacakan masalah, melibatkan peserta didik untuk mengamati,
membuat pertanyaan dan mengumpulkan data secara mandiri. Peserta didik berada
pada kelompok belajar yang heterogen. Melatih peserta didik mengerjakan soal
dengan indikator pemahaman konsep matematis. Peningkatan aktivitas dilihat dari
skor rata-rata observasi aktivitas belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II,
yaitu: 20,75; 27,87. Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dapat
dilihat dari nilai rata-rata pemahaman konsep dari siklus I hingga siklus II yaitu :
(1) kemampuan menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari : 58,90%; 73,20%.
(2) mengklasifikasi objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang
membentuk konsep tersebut : 42,80%; 57,10%. (3) menyajikan konsep dalam
berbagai macam bentuk representasi matematis : 69,60%; 73,20%. (4)
mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah yakni peserta didik
dapat mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah : 41,00%; 83,90%.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Th
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:26 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:26 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14707 |