PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Andriani, Sisilia and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI_A1C016004_SISILIA ANDRIANI.pdf] Text
SKRIPSI_A1C016004_SISILIA ANDRIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics
Education (RME). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII.4 SMP Negeri 1
Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 36 peserta
didik. Jenis Penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan
adalah lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar tes hasil belajar dengan
analisis deskriptif. Hasil menunjukkan penerapan RME dapat meningkatkan
keaktifan peserta didik dengan cara memberikan LKPD yang berisikan masalah
kontekstual, membentuk diskusi kelompok yang heterogen berdasarkan
kemampuan akademis dan kedekatan antar peserta didik, peserta didik diminta
agar ikut andil dan bekerja sama dalam kegiatan kelompok dan menuliskan
nama-nama yang ribut saat diskusi kelompok, serta peserta didik disetiap
kelompok menyampaikan pertanyaan atau tanggapan kepada penyaji saat diskusi
kelas berlangsung, dengan peningkatan rata-rata lembar observasi siklus I yaitu
20,125 (kriteria cukup) dan siklus II 25,875 (kriteria baik). Hasil belajar peserta
didik ditingkatkan dengan cara mengingatkan pada materi sebelumnya,
mengkaitkan manfaat belajar materi melalui masalah kontekstual, memberikan
soal latihan, memberikan bimbingan kepada peserta didik yang mengalami
kesulitan. Peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari nilai rata-rata tes
hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 62,80; 73,75 dengan persentase ketuntasan
belajar klasikal siklus I dan siklus II yaitu 52,77%; 69,44%.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:27
Last Modified: 25 Aug 2023 07:27
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14732

Actions (login required)

View Item
View Item