Fitri, Hadayani Siregar and Slamet, Muljono and Edytiawarman, Edytiawarman (2022) TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN TRAVEL CV. ARA DALAM PERJANJIAN PENGANGKUTAN ORANG YANG MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI - FITRI HADAYANI SIREGAR (B1A017066).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana tanggung jawab
perusahaan travel CV. Ara apabila terjadi kerugian pada penumpang yang
menggunakan tiket dan tidak menggunakan tiket. Serta bagaiman upaya
penyelesaian masalah yang dilakukan perusahaan terhadap kerugian yang dialami
oleh pengguna jasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian empiris, yang
mana penelitian dilakukan menganalisis masalah yang datanya diperoleh langsung
dari lapangan. Pendekatan penelitian yang dilakukan yaitu pendekatan kualitatif
deskriftip, artinya pendekatan dilakukan secara alamiah terjadi tanpa ada rekayasa
dan diperoleh dalam bentuk deskripsi. Peneliti menentukan sampel dengan cara
Quota sampling artinya peneliti memilih yang memiliki ciri-ciri tertentu dan
menarik perhatian peneliti, yaitu 7 orang pengemudi yang 4 orang diantaranya
melakukan pengangkutan sesuai aturan dan 3 orang melakukan pengangkutan
tidak sesuai aturan. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dari
lapangan yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan data skunder diperoleh
dari kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Tanggung
jawab dari perusahaan Travel CV. Ara terhadap penumpang yaitu hanya diberikan
kepada pengguna jasa yang menggunakan jasa secara resmi, jika menggunakan
jasa secara tidak resmi maka tanggung jawabnya dibebankan kepada pengemudi.
(2) Upaya penyelesaian masalah yang dilakukan oleh perusahaan CV. Ara yaitu
kerugian yang berupa meninggal dunia dan cacat permanen diberikan ganti rugi
berupa uang santunan, kerugian kerusakan dan kehilangan barang diberikan ganti
rugi sesuai dengan kesepakatan yang diperoleh dari penyelesaian secara
kekeluargaan. Upaya penyelesaian masalah dari perusahaan untuk penumpang
tidak resmi hanya sebatas menjembatani penyelesaian masalah antar penumpang
dengan pengemudi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 03:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14766 |