ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ENDE DI KOTA BENGKULU

Delia, Paramitha and Indra, Cahyadinata and Irnad, Irnad (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ENDE DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
1. SKRIPSI FULL DELIA PARAMITHA (E1D016109) (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang bisnis yang
memperkuat perekonomian suatu daerah dengan memiliki sumber daya lokal, pembiayaan
local dan juga pekerja lokal. Usaha mikro kecil menengah masih mengalami beberapa
kesulitan yang dihadapi dikarenakan adanya perubahan lingkungan bisnis sehingga
membuat semakin ketatnya persaingan bisnis. Saat ini para pelaku Usaha mikro kecil dan
menengah dihadapi permasalahan selama pandemi yang mengakibatkan berimbasnya
kepada perilaku pembelian yang menurun.
Dampak dari pandemi covid-19 dirasakan oleh semua pelaku usaha mikro kecil dan
menengah di Indonesia termasuk juga di Kota Bengkulu. Salah satu UMKM yang
memproduksi makanan oleh-oleh yang merasakan dampak dari pandemi ialah UMKM
Ende yang memproduksi makanan oleh-oleh khas Bengkulu. UMKM Ende merupakan
UMKM yang berdiri yaitu sejak 2003, banyak produk oleh-oleh Bengkulu yang telah
diproduksi oleh UMKM Ende UMKM Ende merupakan salah satu UMKM yang termasuk
kedalam kategori usaha kecil karena asset yang dimiliki oleh UMKM Ende mencapai Rp
50.000.000 dan omset tahunan mencapai lebih dari Rp 300.000.000 dan memilki tenaga
kerja sebanyak 12 orang.
Sistem pemasaran UMKM Ende sebelum masa pandemi yaitu dengan menjual dan
memproduksi sendiri produknya di rumah dengan cara konsumen mendatangi langsung
tempat toko dan juga UMKM Ende menjalin mitra dengan cara menitipkan produknya di
berbagai tempat. UMKM Ende mengalami penurunan hingga 50% dampak lain dari
adanya pandemi ialah adanya pemberhentian sementara tenaga kerja. Strategi pemasaran
diperlukan UMKM Ende saat menghadapi situasi seperti sekarang Maka agar tetap dapat
bersaing dengan UMKM sejenis lainnya UMKM Ende memerlukan strategi pemasaran.
Penelitian ini Bertujuan untuk mengidentifikasi bauran pemasaran (product,
promotion, place, dan price), menganalisis dan mengidentifikasi faktor internal dan
eksternal yang dapat mempengaruhi dan menjadi unsur penyusunan strategi pemasaran,
mengetahui kepuasan konsumen terhadap produk UMKM Ende berdasarkan
product,promotion, place, dan price pada UMKM Ende yang nantinya menjadi unsur
penyusunan strategi pemasaran dan menentukan strategi apa yang dapat menjadi prioritas
untuk diimplementasikan bagi pemasaran pada UMKM Ende. Penelitian ini dilaksanakan
di UMKM Ende pada tanggal 9 April – 9 Mei 2021. Penentuan responden menggunakan
metode Purposive Sampling berjumlah 2 orang dari UMKM Ende dan 96 orang dari
konsumen UMKM Ende.
Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah ada maka didapat Strategi prioritas
dari hasil analisis QSPM adalah meningkatkan kegiatan promosi dengan media sosial
melalui endorsement dengan skor TAS sebesar 7.190.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, IPA, SWOT, QSPM

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:02
Last Modified: 28 Aug 2023 07:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14896

Actions (login required)

View Item
View Item