Gabriel, Alexander Marbun and Irnad, Irnad and Musriyadi, Nabiu (2021) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KACANG SIHOBUK PADA UD MARTABE DI KECAMATAN SIPOHOLON KABUPATEN TAPANULI UTARA PROVINSI SUMATERA UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Draft_Skripsi_Gabriel ACC print+nomor halaman (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi konsep bauran pemasaran
di lokasi UD Martabe dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan
pembelian kacang Sihobuk pada UD Martabe. Dalam penelitian ini dipilih UD Martabe
karena kacang Sihobuk tersebut merupakan salah usaha yang sudah terkenal (popular) dan
cukup besar yang ada di Kecamatan Sipoholon. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan
secara purposive yaitu UD Martabe. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan
dengan metode accidental sampling, teknik ini merupakan pengambilan sampel secara
kebetulan atau sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang sudah ditentukan. Adapun
untuk menentukan jumlah responden digunakan formula Virtucio, yaitu sebanyak 100
orang konsumen dijadikan sebagai responden. Jenis data yang digunakan adalah data
primer yang meliputi wawancara langsung dengan pengunjung yang datang membeli
kacang Sihobuk ke UD Martabe dengan menggunakan kuesioner sedangkan data sekunder
diperoleh dari pustaka dan instansi-instansi terkait yang berhubungan dengan penelitian
ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode
wawancara dan studi litelatur. Data penelitian dianalisis dengan analisis deskriptif dengan
mencari fakta dengan interpretasi yang tepat dan Analisis SEM (Structural Equation
Modelling) dengan PLS.Implementasi konsep bauran pemasaran baik dan Pengaruh bauran
pemasaran terhadap keputusan pembelian Kacang Sihobuk baik, hasil penelitian seluruh
variabel yaitu produk, harga, tempat dan promosi di UD Martabe semuanya baik. Hasil
penelitian diketahui bahwa variabel yang memiliki pengaruh Signifikan terhadap (Y)
keputusan pembelian Kacang Sihobuk UD Martabe adalah (X1) produk dengan nilai t
statistik 4.952 dan nilai P values sebesar 0.000, (X3) Tempat dengan nilai t statistik 3.539
dan P values 0.000 dan (X4) promosi dengan nilai t statistik 2.905 dan niali P values 0.004
sedangkan faktor (X2) harga dengan nilai t statistik sebesar 0.042 dan nilai P values
sebesar 0.900 tidak berpengaruh signifikan terhadap (Y) keputusan pembelian.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Analisis SEM, UD Martabe
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | sugiarti sugiarti |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 08:08 |
Last Modified: | 28 Aug 2023 08:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14913 |