ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR�FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AYAM GORENG D’ BESTO DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Mutiara, Muthmainnah Firdausa and Musriyadi, Nabiu and Melli, Suryanty (2021) ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR�FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AYAM GORENG D’ BESTO DI KECAMATAN CIBINONG KABUPATEN BOGOR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Text (Thesis)
ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AYAM GOREN D'BESTO DI KE~1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Permintaan terhadap makanan cepat saji saat ini sangat besar, hal tersebut
memberikan peluang yang besar terhadap kalangan masyarakat untuk membuka bisnis
restoran. Situasi seperti ini menimbulkan persaingan yang besar untuk menarik konsumen
dalam pembelian produk hingga adanya loyalitas terhadap suatu produk, oleh karena itu
agar persaingan dapat dimenangkan perlu adanya indikator pada restoran. Indikator
tersebut ialah pilihan menu pada makanan, rasa bahkan kelezatan makanan, kecepatan
penyajian, lokasi yang strategis dan mudah dijangkau, harga yang bersaing dan melakukan
promosi. Restoran Ayam Goreng D’ Besto berada di Kecamatan Cibinong, Kabupaten
Bogor yang menggunakan sistem waralaba. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
signifikansi konsep bauran pemasaran dan menganalisis signifikansi faktor-faktor loyalitas
konsumen dalam mengkonsumsi Ayam Goreng D’ Besto di Kecamatan Cibinong
Kabupaten Bogor. Loyalitas konsumen ini tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor dari
bauran pemasaran seperti produk, harga, lokasi dan promosi. Metode penentuan responden
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Virtucio sebanyak 100 responden.
Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling di lokasi
penjualan Ayam Goreng D’ Besto. Wawancara dilakukan dengan cara bertemu langsung
dengan konsumen, namun karena di masa pandemi ini, maka untuk melakukan wawancara
responden dengan menggunakan google form untuk efisiensi waktu dan mengurangi
kerumunan. Kriteria responden tersebut adalah perempuan atau laki-laki yang memiliki
umur produktif antara 15-64 tahun dan pernah membeli dan mengkonsumsi Ayam
Goreng D’ Besto minimal 2 kali. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan
yaitu analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Modeling dengan pendekatan
Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk
(X1), harga (X2) dan lokasi (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap loyalitas
konsumen terhadap produk yang berada di D’Besto cabang Cibinong, sedangkan variabel
promosi (X4) tidak berpengaruh dan negatif terhadap loyalitas konsumen terhadap produk
yang berada di D’Besto cabang Cibinong. Hal ini menunjukkan bahwa loyalitas pembelian
konsumen yang berada di D'Besto cabang Cibinong dipengaruhi oleh ketiga faktor
tersebut, sedangkan variabel promosi tidak berpengaruh terhadap loyalitas pembelian
konsumen, artinya semakin rendah nilai persepsi konsumen terhadap promosi, maka akan
semakin lemah dorongan konsumen untuk melakukan pembelian. Hal ini disebabkan
karena konsumen mengetahui restoran tersebut dari keluarga dan teman, yang
membuktikan bahwa kurangnya promosi di media sosial. Padahal saat ini media sosial
mempunyai peran penting terhadap pembelian. Karena hal tersebut maka pihak D’Besto
harus lebih aktif dalam melakukan promosi di media sosial agar konsumen lebih
mengetahui brand tersebut.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Loyalitas Pembelian Konsumen, SEM-PLS

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:16
Last Modified: 29 Aug 2023 02:16
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14941

Actions (login required)

View Item
View Item