Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas VI SD Negeri 79 Kota Bengkulu.

Rahma, Maisyah and Agus, Susanta (2020) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Kubus dan Balok Kelas VI SD Negeri 79 Kota Bengkulu. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI maso OK.pdf] Text
SKRIPSI maso OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan dan faktor
penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi volume kubus
dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research)
dengan metode penelitian kombinasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas VI.C SD Negeri 79 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2019/2020
yang berjumlah 39 orang peserta didik. Instrumen dan teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Analisis
data dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan
daya pembeda soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang
dilakukan siswa yaitu kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan
aritmatika sosial terdiri dari 4 jenis kesalahan, yaitu sebagai berikut
Kesalahan konsep sebesar 52%, kesalahan prinsip sebesar 76%, kesalahan
operasi sebesar 56%, dan kesalahan notasi / tanda sebesar 88%. Faktor penyebab
terjadinya kesalahan adalah: a) siswa tidak teliti dalam membaca soal, b) siswa
tidak memahami maksud soal, c) siswa terbiasa menggunakan kata-kata atau
kalimat sendiri yang memiliki makna yang berbeda tentang apa yang diketahui
dan ditanya pada soal, d) siswa tidak mengerti mengubah soal ke dalam model
matematika, e) siswa tidak hafal perkalian dan pembagian, f) siswa tidak teliti
dalam proses perhitungan
Kata ku

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:23
Last Modified: 29 Aug 2023 08:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14998

Actions (login required)

View Item
View Item