Roberto, Arif and Lipneldi, Lipneldi and Syamsurizal, Syamsurizal (2012) PERANAN APARATUR KECAMATAN UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE DALAM UPAYA MEMBERI PELAYANAN PRIMA PADA MASYARAKAT (Studi Kasus di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![Skripsi Arif Roberto-2.pdf [thumbnail of Skripsi Arif Roberto-2.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Arif Roberto-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Peranan aparatur tersebut sangat penting dalam mewujudkan good
government, pada saat kebijaksanaan pemerintah tentang pelaksanaan otonomi daerah
di laksanakan. Prinsip dasar pemberian otonomi dimaksud didasarkan atas
pertimbangan bahwa daerahlah yang lebih mengetahui kebutuhan dan standar
pelayanan bagi masyarakat didaerahnya, sehingga memperpendek rentang kendali
pelayanan kepada masyarakat. Salah satu potensi yang harus ditingkatkan oleh
kecamatan untuk meningkatkan pelayanan adalah adanya kualitas sumber daya
manusia yaitu aparatur yang mampu memberikan segenap kemampuannya bagi
kepentingan masyarakat. Peran aparatur kecamatan dalam memberikan pelayanan
kepada masyarakat merupakan faktor penentu, yang dapat menunjang keberhasilan
pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh kecamatan tersebut. Dalam
pengembangan good governance ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu
transparansi, mendorong partisipasi masyarakat dan mendorong kemitraan dengan
swasta dan masyarakat. Dalam kehidupan yang semakin komplek, perubahan yang
cepat, saling keterkaitan yang semakin tinggi, sumberdaya alam yang semakin
langka, kesenjangan yang semakin melebar dan ada kecendrungan daya dukung bumi
yang semakin menurun, tidak bisa tidak harus diatasi dengan tata penyelenggaraan
pemerintahan yang baik Dari hasil Pembahasan bahwa aparatur Kecamatan Muara
Bangkahulu belum menjalankan perannya dengan baik didalam upaya memberikan
pelayanan prima pada masyarakat. Karena sikap aparatur yang kurang memihak
rakyat tersebut mengakibatkan merasa kurang tertarik untuk ikut dalam kegiatan-
kegiatan yang diadakan oleh kecamatan, serta kurangnya komunikasi Camat dengan
masyarakat telah mengakibatkan tidak adanya partisipasi dari masyarakat. Kurangnya
komunikasi tersebut, mengakibatkan camat menghadapi berbagai kendala didalam
menjalin hubungan yang baik dengan warganya. Pelayanan yang kurang kepada
masyarakat karena pemerintahan Kecamatan Muara Bangkahulu tidak didukung oleh
aparatur yang memiliki kemampuan, yang selalu berusaha memberikan pelayanan
kepada masyarakatnya, yang dapat diwujudkan melalui pelayanan yang jujur, cepat,
dan gratis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Nov 2013 08:39 |
Last Modified: | 17 Nov 2013 08:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1507 |