PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK�TALK-WRITE BERBANTUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BENGKULU TENGAH

Subilawati, Apni and Daimun, Hambali (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK�TALK-WRITE BERBANTUAN LITERASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI pdf.pdf] Text
SKRIPSI pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe Think-Talk-Write berbantuan Literasi terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran Tematik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Bengkulu Tengah. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasy eksperimental dengan jenis desain the matching only pretest-posstest control
group desaign. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SDN 01 Bengkulu Tengah.
Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada
penelitian ini adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai
kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar
pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui
pretest dan posttest. Untuk hasil belajar aspek sikap dan keterampilan instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data mengunakan analisis
statistik deskriptif, analisis uji prasyarat, dan analisis uji hipotesis. Dari hasil
penelitian diketahui hasil uji-t didapatkan nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
thitung (3,77)> ttabel (1,67) dan pada mata pelajaran IPA thitung (3,33)> ttabel (1,67).
Dengan rincian nilai rata-rata pada mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar (80,50)
dan mata pelajaran IPA sebesar (80, 50). Nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi dari
ttabel maka dinyatakan kelas eksperimen yang menggunakan model TTW berbantuan
literasi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dibandingkan dengan kelas kontrol
yang tidak menggunakan model TTW berbantuan literasi. Sehingga, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model TTW berbantuan literasi terhadap hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV SDN 01 Bengkulu Tengah.
Kata Kunci : Pembelajaran Tematik, Model Think-Thalk-Write, Literasi, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15110

Actions (login required)

View Item
View Item