J.S, Bintang Mutiara and Nani, Yuliantini (2020) PENGARUH MODEL TEBAK KATA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi.pdf [thumbnail of Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model tebak kata
terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik di kelas IV SDN Gugus
III Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode
penelitian yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan jenis desain the
matching only pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini
adalah siswa kelas IV gugus III Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian ini adalah
kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu dan kelas IV SDN 57 Kota Bengkulu. Teknik
pengambilan sampel menggunakan Cluster random sampling. Sampel terdiri dari
kelas IV SDN 17 Kota Bengkulu berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen
dan kelas IV SDN 57 Kota Bengkulu berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar pengetahuan
berbentuk soal pilihan ganda (multiple choices) yang diberikan melalui pretest
dan posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif
dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil
penelitian yang telah dilakukan, terdapat perbedaan hasil belajar pada
pembelajaran tematik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang di dapatkan,
t������ pada posttest kelas eksperimen sebesar 2,762 dengan t���
pada taraf
signifikan 5% sebesar 1,667 dimana t������ lebih besar dari t���
. Dari data
tersebut terdapat perbedaan hasil belajar yang diraih siswa pada kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran tebak kata, dan kelas kontrol yang tidak
menggunakan model pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
tematik yang menggunakan model tebak kata .
Kata kunci: Pembelajaran Tematik, Tebak Kata, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15120 |