PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS X KOTA BENGKULU

Yuliani, Fera and Lusa, Herman (2020) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IV SD GUGUS X KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI FERA YULIANI A1G016014.pdf] Text
SKRIPSI FERA YULIANI A1G016014.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning
berbantuan media Pop-Up Book terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The
Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus X Kota Bengkulu. Sampel pada penelitian
ini adalah kelas IV B SDN 58 Kota Bengkulu dan kelas IV B SDN 38 Kota
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling.
Jumlah sampel 42 siswa terdiri dari kelas IV B SDN 58 Kota Bengkulu berjumlah
21 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SDN 38 Kota Bengkulu
berjumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan
berupa tes hasil belajar pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda (multiple
choice) yang diberikan melalui Pretest dan Posttest, untuk hasil belajar aspek
sikap dan keterampilan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi.
Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan
menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil
pengolahan data, diketahui bahwa hasil uji-t menunjukkan nilai t
hitung pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 2,96 dan IPA sebesar 5,03 lebih besar dari
pada nilai t
tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 2,02. Dengan demikian Hipotesis
alternatif (Ha) terbukti dan diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh model Discovery Learning berbantuan media Pop-Up Book terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik.
Kata kunci: Discovery Learning, Media Pop-Up Book, Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:33
Last Modified: 04 Sep 2023 01:33
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item
View Item