Oktaviani, Maria Veronica and Abdul, Muktadir (2020) PENGARUH CERITA ANAK BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS 2 SD NEGERI GUGUS 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MARIA V.O A1G016019.pdf [thumbnail of SKRIPSI MARIA V.O A1G016019.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MARIA V.O A1G016019.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita anak bergambar
terhadap kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan
desain penelitian the matching only posttest control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah SD Negeri Gugus 1 Kota Bengkulu. Teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini
adalah kelas 2B SD Negeri 1 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen dan kelas
2B SD Negeri 7 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian yaitu lembar observasi kemampuan berbicara. Teknik
pengambilan data berhasarkan hasilposttest menggunakan lembar observasi.
Teknik analisis data dengan mencari rata-rata (mean) dan varian, uji normalitas
dengan rumus Liliefors, uji homogenitas dan uji-t. Berdasarkan hasil uji
normalitas bahwa data berdistribusi normal. Kelas eksperimen memeroleh skor
kemampuan berbicara dengan persentase 78,1% dalam kriteria sangat baik,
sedangkan kelas kontrol skor kemampuan berbicara dengan persentase 64,6%
dalam kriteria baik. Hasil uji-t menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak karena
Thitung> Ttabel dengan Thitung 13,6 dan Ttabel 2,08 yang berarti terdapat pengaruh cerita
anak bergambar terhadap kemampuan berbicara siswa.
Kata Kunci: Cerita Anak Bergambar, Kemampuan Berbicara Siswa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:33 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15166 |