Universitas Bengkulu (2020) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD WILAYAH KELUARGA KERUKUNAN TABUT DI KOTA BENGKULU. Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan.
![SKRIPSI SINTA MARTIA PUTRI PDF.pdf [thumbnail of SKRIPSI SINTA MARTIA PUTRI PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SINTA MARTIA PUTRI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Realistic
Mathematics Education berbasis etnomatematika tabut terhadap kemampuan
pemecahan masalah pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD wilayah
Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasy
experimental dengan jenis desain The Mathcing Only Pretest-Posttest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD wilayah
Keluarga Kerukunan Tabut di Kota Bengkulu. Teknik pengambilan sampel
menggunakan cluster random sampling. Hasil pengundian diperoleh sampel yaitu
kelas V B di SD Negeri 11 Kota Bengkulu sebagai kelas eksperimen, dan kelas V
B SD Negeri 08 Kota Bengkulu sebagai kelas kontrol. Uji coba instrumen
dilakukan di kelas VI A SD Negeri 04 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan
adalah tes kemampuan pemecahan masalah uraian yang berjumlah 5 soal. Hasil
perhitungan uji-t didapatkan thitung 2,17 > ttabel 2,01. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model Realistic Mathematics Education berbasis
Etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran
matematika siswa kelas V SD wilayah Keluarga Kerukunan Tabut di Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Realistic Mathematics Education, Etnomatematika Tabut,
Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika
Item Type: | Patent |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:35 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15184 |