Febriyanti, Nova and Budiyono , Budiyono and Syamsurizal, Syamsurizal (2012) KEPUASAN PASIEN JAMKESMAS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PERAWATAN RATU AGUNG KECAMATAN MUARA BANGKAHULU KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.
![SKRIPSI NOVA FEBRIYANTI.pdf [thumbnail of SKRIPSI NOVA FEBRIYANTI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NOVA FEBRIYANTI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelayanan kesehatan pasien
dan bagaimana kepuasan pasien Jamkesmas di Puskesmas Perawatan Ratu Agung
Kecamatan Muara Bangkahulu? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pelayanan kesehatan, mengetahui kepuasan pasien Jamkesmas di Puskesmas
Perawatan Ratu Agung Kecamatan Muara Bangkahulu. Metode penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien Jamkesmas yang
memperoleh pelayanan kesehatan di Puskesmas Perawatan Ratu Agung
Kecamatan Muara Bangkahulu. Dalam penelitian ini ditetapkan menggunakan
teknik sampling kebetulan (accidental samping). Pengumpulan data dilakukan
melalui teknik penyebaran kuesioner, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis
menggunakan bantuan pengukuran dengan skala Likert. Hasil penelitian diketahui
pelayanan kesehatan yang dilakukan petugas kesehatan terhadap pasien peserta
Jamkesmas telah cukup baik atau sedang. Berdasarkan rata-rata skor sebesar
50,404. Jika dikonsultasikan dengan skala interval yang digunakan, maka skor
rata-rata sebesar 50,404 berada pada rentang skor 40 - 51 dengan kategori sedang
atau cukup. Pelayanan ini dilihat dari aspek-aspek pelayanan kedokteran,
pelayanan kesehatan masyarakat, dan pelayanan administrasi kesehatan, yang
dapat dikatakan telah berjalan dengan cukup baik atau sedang. Kepuasan pasien
Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Perawatan Ratu Agung
Kota Bengkulu telah cukup memuaskan. Hal ini berdasarkan hasil hitung skor
rata-rata sebesar 49,846 Jika dikonsultasikan dengan skala interval skala Likert
yang digunakan, maka skor rata-rata sebesar 49,846 berada pada rentang skor 40 -
51 dengan kategori sedang atau cukup memuaskan. Kepuasan pasien Jamkesmas
terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Perawatan Ratu Agung Kota
Bengkulu terlihat dari aspek-aspek tangible, reliability, responsivines, assurance
dan empathy, yang dapat dikatakan telah cukup memuaskan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 014 Abd. Rachman Rangkuti |
Date Deposited: | 17 Nov 2013 09:33 |
Last Modified: | 17 Nov 2013 09:33 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1522 |