Putri, Astri Lidia and Didi, Yulistio and Padi, Utomo (2020) KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 SELUMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks
laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi
SMK Negeri 3 Seluma yang berjumlah 173 orang siswa. Sedangkan
sampel dalam penelitian ini menggunakan sampling purpusive yaitu
sebanyak 20% dari jumlah populasi yaitu 34 orang siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu berupa siswa diberikan
tugas menulis teks laporan hasil observasi dengan alokasi waktu 60 menit.
Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi ini dinilai dari lima
aspek, yaitu aspek isi, aspek struktur, aspek diksi, aspek kalimat efektif,
dan aspek ejaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu, statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan menulis teks
laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Seluma adalah
63,75 dengan kategori cukup. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks
laporan hasil observasi pada berdasarkan aspek isi adalah 18,44 dengan
kategori baik, rata-rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi
pada siswa berdasarkan aspek struktur 14,75 dengan kategori cukup, rata�rata kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa
berdasarkan aspek diksi 11.80 dengan kategori cukup, rata-rata
kemampuan menulis teks laporan hasil observasi pada siswa berdasarkan
aspek kalimat efektif 10.05 dengan kategori baik, rata-rata kemampuan
menulis teks laporan hasil observasi pada siswa berdasarkan aspek ejaan
8,69 dengan kategori cukup.
Kata kunci : kemampuan, menulis, teks laporan hasil observasi
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 08:45 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 08:45 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15277 |