RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SHAH, SOFIZA CHOIRUNA and Sri, Irawati and Abdul, Rahman (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERSTRUKTUR BERBANTUAN MIND MAPPING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat
pembelajaran model inkuiri terstruktur berbantuan mind mapping pada materi
sistem ekskresi di sekolah menengah pertama. Jenis penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian ini meliputi: 1) analisis
kurikulum; 2) analisis kompetensi dasar; 3) telaah materi; 4) perumusan indikator
dan tujuan pembelajaran; 5) penentuan model dan metode pembelajaran; dan 6)
pemilihan media pembelajaran. Analisis hasil rancangan dilakukan dengan
tahapan mereduksi data; menyajikan data; dan menarik kesimpulan. Hasil
penelitian ini adalah rancangan perangkat pembelajaran meliputi Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan
evaluasi hasil belajar. Perangkat pembelajaran tersebut dirancang sesuai dengan
kompetensi dasar dan indikator yang telah dirumuskan. Setiap perangkat
pembelajaran dirancang untuk dua kali pertemuan tatap muka. RPP disusun
dengan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang berorientasi pada sintaks
model inkuiri terstruktur yaitu: orientasi; merumuskan masalah; merumuskan
hipotesis; mengumpulkan data; menguji hipotesis; dan merumuskan kesimpulan.
LKPD dirancang dengan beberapa komponen meliputi: judul; kompetensi dasar;
tujuan kegiatan; landasan teori; rumusan masalah; alat dan bahan; langkah kerja;
tabel hasil pengamatan; dan pertanyaan. Evaluasi hasil belajar disusun dalam
bentuk tes berupa post-test dengan jenjang kognitif C1, C2, C3 dan C4.
Kata kunci : inkuiri terstruktur, mind mapping, perangkat pembelajaran

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:37
Last Modified: 06 Sep 2023 07:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15401

Actions (login required)

View Item
View Item