Ningsih, sri utami and Irdam, Idrus and Kasrina, Kasrina (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENALAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI SRI UTARI NINGSIH.pdf [thumbnail of SKRIPSI SRI UTARI NINGSIH.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI SRI UTARI NINGSIH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan perangkat pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) pada materi
sistem pernapasan manusia kelas XI IPA SMA untuk meningkatkan keterampilan
menalar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Perangkat
pembelajaran yang akan di rancang dengan tahapan sebagai berikut : 1) Telaah
kurikulum, 2) Analisis kompetensi dasar (KD), 3) Telaah materi, 4) Perumusan
indikator dan tujuan pembelajaran, 5) Penentuan model dan metode pembelajaran,
6)
Penentuan media pembelajaran dan 7) Analisis hasil rancangan. Hasil penelitian
berupa rancangan perangkat pembelajaran yang meliputi rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar diskusi peserta didik
(LDPD) dan tes evaluasi. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dirancang pada
materi sistem pernapasan manusia untuk dua kali pertemuan yang mengacu pada
sintaks model pembelajaran berbasis masalah (PBM) yang terdiri dari
mengorganisasikan siswa kepada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar,
membantu penyelidikan mandiri dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan
hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Rancangan
LKPD dan LDPD di buat dengan sistematika : halaman judul, landasan teori, tujuan,
alat dan bahan, cara kerja, tabel hasil pengamatan, dan pertanyaan. Tes evaluasi di
rancang dengan memperhatikan tingkatan pengetahuan pada kompetesi dasar dengan
tingkatan C4 (menganalisis) yang di rancang dalam bentuk soal pilihan ganda dan
essay dengan jenjang kognitif C1, C2, C3 dan C4 yang di gunakan untuk mengukur
tingkat pemahaman dan keberhasilan peserta didik.
Kata kunci : Keterampilan Menalar, Model Pembelajaran Berbasis Masalah,
Perangkat Pembelajaran, Sistem Pernapasan Manusia.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15412 |