ANALISIS SOAL PADA BUKU TEKS KIMIA SMA KELAS XI BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM

Andari, Diana and Salastri, Rohiat and Nurhamidah, Nurhamidah (2020) ANALISIS SOAL PADA BUKU TEKS KIMIA SMA KELAS XI BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1F016026_Diana Andari_Skripsi.pdf] Text
A1F016026_Diana Andari_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi dan
perbandingan soal LOTS, MOTS, dan HOTS pada buku teks kimia SMA
kelas XI berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Tahapan dalam
penelitian ini meliputi tahap persiapan yang terdiri dari studi literatur dan
penyusunan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar wawancara dan
lembar observasi yang berupa lembar analisis pengklasifikasian soal
berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom . Tahap pelaksanaan yang
terdiri dari pengkodean data, analisis soal berdasarkan taksonomi Bloom,
dan validasi hasil analisis. Tahap akhir yaitu pengolahan hasil data dan
penarikan kesimpulan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi dari
soal yang telah dianalisis. Hasil validasi didapatkan bahwa nilai koefisien
kesepakatan antar validator yaitu 0,78 dengan kategori tinggi, sehingga
hasil analisis sudah reliabel. Berdasarkan hasil analisis yang telah
divalidasi, didapat bahwa soal dengan tingkat kognitif yang paling banyak
yaitu tingkat C3 sebanyak 52,98%, lalu C2 dengan 25%, tingkat C4
dengan 17,85 %, dan tingkat C1 sebesar 4,17%, sedangkan soal dengan
tingkat kognitif C5 dan C6 tidak ditemukan. Dan perbandingan untuk soal
kategori LOTS, MOTS, dan HOTS adalah 1 : 19 : 4.
Kata Kunci : Penelitian Deskriptif, Alat Evaluasi Pembelajaran Kimia,
Buku Teks Kimia, Taksonomi Bloom

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:07
Last Modified: 08 Sep 2023 01:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item
View Item