ANALISIS PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA OUTSOURCING PADA KOPERASI KARYAWAN TELEKOMUNIKASI SELULER (KISEL) BENGKULU

Silaen, Henni and Kahar, Kahar and Budiyono , Budiyono (2012) ANALISIS PEMBERDAYAAN TENAGA KERJA OUTSOURCING PADA KOPERASI KARYAWAN TELEKOMUNIKASI SELULER (KISEL) BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of HENY SILAEN-2.pdf] Text
HENY SILAEN-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pemberdayaan Tenaga Kerja Outsourcing
Pada Koperasi Karyawan Telekomunikasi Seluler(KISEL) Bengkulu”. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan yang dilakukan oleh KISEL
terhadap tenaga kerja outsourcing.Dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif
yang bersifat deskriptif. Sasaran penelitian adalah 11 orang informan yang ditentukan
dengan cara purposive sampling yaitu sampel bertujuan dimana sampel yang
dijadikan informan ditentukan terlebih dahulu yang ditentukan denga maksud dan
tujuan penelitian.Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian diatas maka didapati
bahwa berdasarkan enam aspek pemberdayaan karyawan yaitu: Desire, Trust,
Confident, Credibility, Acountability dan Comunication, Koperasi Karyawan
Telekomunikasi Seluler(KISEL), telah melakukan pemberdayaan kepada karyawan
outsourcing dan telah dilakukan dengna baik. Hal ini terlihat dari adanya karyawan
yang dilibatkan dalam mengidentifikasi masal serta dalam pengambilan keputusan
dan adanya karyawan yang mengikuti berbagai kegiatan pelatihan baik di regional
maupun di kantor Telkomsel sendiri, serta adanya karyawan outsourcing yang
mampu menjadi karyawan tetap atau staff di kantor tersebut melalui berbagai
kegiatan
yang
diikutinya
yang
dapat
menunjang
pengembangan
karir
karyawan.Hanya saja ada beberapa kekurang didalamnya dan pemberdayaan ini
masih kurang merata terutama yang dirasakan oleh karyawan yang bekerja pada
bagian Cleaning Servicedan Office Boy.Serta masih lambat dalam merespon sistem
komunikasi bagi para tenaga kerja outsourcing terhadap manajemen.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 17 Nov 2013 15:14
Last Modified: 17 Nov 2013 15:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item
View Item