DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU

MUNIROH, FAUZIATUL and Nurul, Astuty Yensy and Effie, Efrida Muchlis (2020) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C016011_FAUZIATUL MUNIROH_SKRIPSI.pdf] Text
A1C016011_FAUZIATUL MUNIROH_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa
saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pokok
bahasan lingkaran kelas VIII SMPN 7 Kota Bengkulu Tahun ajaran 2019/2020.
Sebanyak 29 peserta didik kelas VIII C dipilih sebagai subjek penelitian ini.
Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesalahan yang
dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang lingkaran yaitu : a)
kesalahan menentukan unsur juring lingkaran dilakukan oleh 65,52% peserta
didik, b) kesalahan menentukan tali busur lingkaran dilakukan oleh 20,69%
peserta didik, c) kesalahan dalam menentukan konsep hubungan sudut pusat dan
sudut keliling yang menghadap busur yang sama dilakukan oleh 17,24% peserta
didik, d) kesalahan dalam operasi bilangan bulat dilakukan oleh 31,03% peserta
didik, e) kesalahan dalam menentukan rumus pada soal penerapan keliling
lingkatan dilakukan oleh 31,03% peserta didik, f) kesalahan dalam menentukan
rumus keliling atau luas lingkaran dilakukan oleh 24,14% peserta didik, g)
kesalahan dalam menggunakan rumus untuk menentukan luas tembereng
dilakukan oleh 37,93% peserta didik, dan h) kesalahan dalam menentukan
panjang jari-jari lingkaran dilakukan oleh 13,79% peserta didik.
Kata Kunci : Diagnosis, Deskriptif, Kesalahan, Lingkaran.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:08
Last Modified: 08 Sep 2023 01:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item
View Item