Utomo, Gatot Widyo and Nurul, Astuty Yensy and Hanifah, Hanifah (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN KELAS VIII SMP IT MA’HAD RABBANI BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI A1C015026 GATOT WIDYO UTOMO.pdf [thumbnail of SKRIPSI A1C015026 GATOT WIDYO UTOMO.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI A1C015026 GATOT WIDYO UTOMO.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa
saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pokok
bahasan pola bilangan kelas VIII SMP IT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah
Tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 30 peserta didik kelas VIII dipilih sebagai
subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
bentuk kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang
pola bilangan yaitu : a) kesalahan menentukan pola bilangan persegi berdasarkan
barisan dilakukan oleh 63,33% peserta didik, b) kesalahan menentukan pola
bilangan persegi berdasarkan gambar dilakukan oleh 63,33% peserta didik, c)
kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persegi dilakukan oleh 33,33%
peserta didik, d) kesalahan menentukan pola bilangan persegi panjang
berdasarkan barisan dilakukan oleh 83,33% peserta didik, e) kesalahan
menentukan pola bilangan persegi panjang berdasarkan gambar dilakukan oleh
70% peserta didik, f) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persegi
panjang dilakukan oleh 43,33% peserta didik, g) kesalahan menentukan pola
bilangan segitiga berdasarkan barisan dilakukan oleh 63,33% peserta didik, h)
kesalahan menentukan pola bilangan segitiga berdasarkan gambar dilakukan oleh
93,33% peserta didik, i) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan
persaegi dilakukan oleh 53,33% peserta didik.
Kata Kunci : Analisis, Deskriptif, Kesalahan, Pola Bilangan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15556 |