STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU TK SE-GUGUS KEMUNING KOTA BENGKULU

Jayanti, Detti Puri and Sri, Saparahayuningsih and Anai, suprapti (2020) STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER OLEH GURU TK SE-GUGUS KEMUNING KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan
karakter oleh guru TK Se-Gugus Kemuning Kota Bengkulu. Nilai pendidikan
karakter dalam penelitian ini meliputi religius, mandiri, dan disiplin. Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh guru di TK Se-Gugus Kemuning Kota Bengkulu.Teknik
pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan Kuisioner (angket). Data hasil penelitian di analisis
dengan menggunakan statistik dengan rumus rata-rata. Hasil penelitian pada
pelaksanaan pendidikan karakter oleh guru TK Se-gugus Kemuning berada pada
kategori sangat baik. Dikatakan sangat baik karena guru sudah melakukan
pembiasaan rutin dalam penanaman nilai pendidikan karakter pada anak usia dini
melalui pembiasaan setiap hari dalam kegiatan disekolah, dan guru juga telah menjadi
contoh bagi anak sebagai model yang teladan dalam menanaman nilai karakter
religius, mandiri dan disiplin. Oleh karena itu peneliti selanjutnya diharapkan dapat
meneliti lebih dalam pada pelaksanaan pendidikan karakter oleh orangtua di rumah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Guru, Religius, Mandiri, Disiplin dan Anak
Usia Dini.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:54
Last Modified: 08 Sep 2023 08:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15588

Actions (login required)

View Item
View Item