Seta, Ekzu Semesti and Bambang, Permadie and Dwi, Anggraini (2020) STUDI DESKRIPTIF PERANAN ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 08 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI EKZU NEW.pdf [thumbnail of SKRIPSI EKZU NEW.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI EKZU NEW.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan peranan orang tua dan
sekolah dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari di sekolah dasar negeri 08 kota
Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini
adalah orang tua siswa yang mengikuti ekstrakurikuler seni tari dan guru seni tari
di sekolah dasar negeri 08 kota Bengkulu. Instumen yang digunakan yaitu Lembar
observasi dan lembar wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui
model Miles, Huberman, dan Saldana yaitu data collection, data condensation,
data display dan data verifications. Hasil penelitian ini yaitu peranan orang tua 1.
Orang tua sebagai pembimbing hasil yang didapatkan adalah orangtua
membimbing dengan melatih anak gerakan tari secara langsung pada saat latihan
tari dan saling menghargai dan menghormati, 2. Orang tua sebagai pemberi
motivasi, orang tua memotivasi dengan menasehati anak supaya lebih
bersungguh-sungguh ketika latihan tari, mengapresiasi anak dengan hadiah, orang
tua memotivasi anak dengan melihat langsung anak berlatih tari dan orang tua
memotivasi anak dengan membiayai untuk atribut lomba dan pertunjukan.3.
Orang tua sebagai pemberi perhatian, dari hasil yang didapatkan bahwa orang tua
memberikan motivasi dengan, mengantar menjemput anak pada saat latihan,
orang tua, mendampingi anak saat latihan maupun lomba dan orang tua
memberian perhatian kepada anak berupa pujian atau semangat. Sedangkan
peranan sekolah yaitu 1. Guru sebagai pembimbing meliputi mendidik melatih
dan mengevaluasi kegiatan latihan ekstrakurikuler siswa 2. Guru sebagai
motivator 3. Guru sebagai evaluator 4. Guru sebagai pelayanan administrasi. Guru
mendidik siswa untuk bertanggung jawab, menumbuhkan rasa percaya diri ,guru
melatih gerakan dan pola lantai secara langsung, guru juga memberikan
kepercayaan kepada siswa untuk tutor sebaya dan memberikan kritik dan saran
ketika siswa kurang fokus latihan tari.
Kata kunci : Ekstrakurikuler seni tari, peranan orang tua dan sekolah
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:52 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15679 |