Ulandari, Yulianti Intan and Sri, Dadi and Herman, Lusa (2020) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL CYCLE LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Fix SKRIPSI YULIANTI INTAN ULANDARI A1G016030.pdf [thumbnail of Fix SKRIPSI YULIANTI INTAN ULANDARI A1G016030.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fix SKRIPSI YULIANTI INTAN ULANDARI A1G016030.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan RPP pembelajaran tematik
terpadu di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan memodifikasi
model 4D. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap, yaitu tahap pendefinisian
(define), perancangan (design) dan pengembangan (develop), Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi RPP. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif terhadap
penilaian validasi ahli dan tanggapan guru. Penelitian ini menghasilkan
pengembangan RPP tematik terpadu menggunakan model Cycle Learning dengan
penilaian dari ahli RPP pada tahap I sebesar 88,34 dengan katagori baik dan pada
tahap II dipeoleh penilain sebesar 92,09 dengan katagori sangat baik, dan
tanggapan guru dengan nilai terendah sebesar 78,75 dengan katagori baik
sedangkan nilai tertinggi sebesar 91,25 dengan katagori sangat baik. Kesimpulan
dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan RPP tematik
terpadu dengan menggunakan model Cycle Learning di kelas IV Sekolah Dasar.
Kata Kunci: RPP, Pengembangan, Cycle Learning, Tematik Terpadu
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 01:19 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 01:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15735 |