PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SAAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Berlian, Ocsis and Gumono, Gumono and Arifin, Arifin (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SAAT PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI BERLIAN OCSIS (A1A017001).pdf] Text
SKRIPSI BERLIAN OCSIS (A1A017001).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pembelajaran menulis teks
eksposisi menggunakan Google Classroom saat pandemi Covid-19 pada siswa
kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini berupa data
yang didapat melalui hasil angket siswa dan sumber data dalam penelitian ini
adalah 54 siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik angket. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket
semi terbuka. Teknik analisis data mengadaptasi dari teori Arikunto. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dialami oleh siswa pada tahap
perencanaan terdapat pada apersepsi dalam pembelajaran yang memiliki persentase
sebesar 48 %, artinya pada indikator perencanaan pembelajaran belum
dilaksanakan dengan baik karena guru tidak sering melakukan apersepsi mengenai
materi yang disampaikan pada pertemuan sebelumnya dan materi yang akan
disampaikan pada pertemuan berikutnya. Selanjutnya problematika pada tahap
pelaksanaan terdapat siswa yang sulit memahami materi memiliki persentase
sebesar 55,6 %, artinya pada indikator pelaksanaan belum dilaksanakan dengan
maksimal karena kurangnya antusias dan pengetahuan siswa terhadap materi yang
telah diberikan. Kemudian problematika pada tahap evaluasi memliki persentase
sebesar 37 %, artinya pada indikator evaluasi belum dilaksanakan dengan baik
karena respon siswa tidak lengkap dan lambat yang disebabkan oleh kendala sinyal
yang kurang bagus serta membuat proses evaluasi menjadi terganggu.
Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Menulis Teks Eksposisi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:45
Last Modified: 12 Sep 2023 07:45
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15736

Actions (login required)

View Item
View Item