Aldona, Devia and Ria, Ariesta and Padi, Utomo (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI DEVIA ALDONA (A1A018067)..pdf [thumbnail of SKRIPSI DEVIA ALDONA (A1A018067)..pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI DEVIA ALDONA (A1A018067)..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan menulis teks prosedur sudah dipelajari di kelas VII dan peneliti ingin
membantu guru memetakan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMPN 2
Rejang Lebong. Potensi yang dimiliki siswa salah satunya kemampuan menulis teks prosedur
dalam aspek struktur teks prosedur dan juga siswa dilengkapi dengan sarana prasarana
sekolah yang mendukung. Untuk itu, tujuan penelitian ini secara umum untuk
mendeskripsikan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang
Lebong sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan
menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong pada aspek isi, struktur,
diksi, penggunaan kalimat dan mekanik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif
dengan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
2 Rejang Lebong yang berjumlah 341 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini
menggunakan teknik Random Sampling yaitu sebanyak 15% dari jumlah populasi yaitu 50
siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu diberikan kepada siswa tugas
menulis teks prosedur. Kemampuan menulis teks prosedur ini dinilai dari lima aspek yaitu, isi
teks, struktur, diksi, penggunaan kalimat, dan mekanik. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu, statistika sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP
Negeri 2 Rejang Lebong adalah 82,63 yang termasuk dalam kategori baik. Hal ini
berdasarkan perhitungan nilai rata-rata 82,63 yang juga berarti bahwa siswa telah memiliki
kemampuan menulis teks prosedur yang baik tetapi belum maksimal. Hasil penelitian secara
khusus, bahwa aspek (1) isi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 25,38,
(2) aspek struktur termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 16,99, (3) aspek diksi
termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 16,59, (4) aspek penggunaan kalimat
termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 16,26, (5) aspek mekanik termasuk dalam
kategori baik dengan nilai rata-rata 7,51.
Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks Prosedur.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 03:01 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 03:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15790 |