PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MENDONGENG (STORYTELLING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IX B SMPN 17 KOTA BENGKULU

SAFITRI, ANUGRAH and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Illawaty, Sulian (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MENDONGENG (STORYTELLING) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS IX B SMPN 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI ANUGRAH SAFITRI PDF.pdf] Text
SKRIPSI ANUGRAH SAFITRI PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan
kelompok dengan teknik mendongeng (storytelling) untuk meningkatkan
keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen
dengan desain penelitian one grup pretest dan postest. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas IX B SMPN 17 Kota Bengkulu berjumlah 8 orang. Prosedur
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan angket model Likert. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukan sebelum diberikan treatment rata-rata skor 75, 63
kategori rendah dan setelah diberikan treatment rata-rata skor 102, 63 kategori
tinggi. Hasil uji t menunjukan nilai t= (-34.651) dan sig. (2-tailed) 0.000 artinya
nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya
terdapat pengaruh yang signifikan terhadap tingkat keterampilan komunikasi
siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa
kelas IX B SMPN 17 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: keterampilan komunikasi, bimbingan kelompok, teknik mendongeng
(storytelling)

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:38
Last Modified: 20 Sep 2023 07:38
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16094

Actions (login required)

View Item
View Item