PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

SETIANINGSIH, RATNA and Indra, Sakti and Nirwana, Nirwana (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of NEW-PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU.pdf] Text
NEW-PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh model problem based learning (PBL)
terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMPN 11 Kota Bengkulu dalam materi
pemanasan global. Penelitian yang diterapakan yaitu penelitian kuantitatif. Sampel penelitian
diambil menggunakan teknik sampel random sampling yang sebelumnya telah diuji normalitas dan
homogenitas diperoleh siswa kelas VII E. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 29 siswa yang
terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Pre�Experimental Design tipe One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes untuk hasil belajar IPA. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan
memberikan lembar soal berupa pretest (tes awal) dan postest (tes akhir) di setiap pertemuan. Hasil
analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa model problem based learning berpengaruh positif
terhadap hasil belajar, yaitu hasil uji-t pada thitung sebesar 1.756 lebih besar dari ttabel sebesar 1.703.
Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil ini juga memperkuat bahwa homogen, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh nyata (signifikan) variabel x (Pembeljaran IPA model Problem
Based Learning) terhadap variabel Y (hasil belajar) dengan taraf signifikan 5%.
Kata kunci : Problem Based Learning, Pemanasan Global, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:50
Last Modified: 06 Oct 2023 07:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16735

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200