FADHILA, ANNISA and Irwan, Koto and Nirwana, Nirwana (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI PREDICT-OBSERVE�EXPLAIN (POE) PADA TEKANAN FLUIDA STATIS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Annisa Fadhila_A1M018016_Pendidikan IPA.pdf [thumbnail of Skripsi_Annisa Fadhila_A1M018016_Pendidikan IPA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Annisa Fadhila_A1M018016_Pendidikan IPA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Pandemi COVID-19 yang menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.Pemerintah
mengeluarkan kebijakan untuk menjaga jarak untuk mengantisipasi penularan virus. Pembatasan
bahkan pelarangan proses pembelajaran secara tatap muka di kelas diterapkan untuk menghindari
penyebaran COVID-19. Pada tahun 2021, pandemi COVID-19 telah mengalami penurunan
sehingga pemerintah memperbolehkan sekolah pada zona aman untuk melakukan pembelajaran
tatap muka terbatas dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat dan mengharuskan semua
siswa untuk melakukan vaksinasi. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan yaitu hasil
wawancara kepada guru dan angket kebutuhan siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu, diketahui
bahwa saat pandemi COVID-19 ini siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pada saat
pembelajaran daring dan pembelajaran tatap muka terbatas. Penelitian ini dikembangkan LKPD
berorientasi POE yang termasuk jenis penelitian Research and Development yang menggunakan
model 4D. Pengembangan yang terdiri dari 4 tahapan,yaitu: define (analisis kurikulum dan
perangkat pembelajaran serta analisis kebutuhan pengembangan LKPD), design (merancang
produk LKPD), development (validasi dan revisi produk), dan disseminate (uji coba pada calon
pengguna). Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan produk.
Berdasarkan hasil validasi yang telah dilakukan oleh ahli pada LKPD berorientasi predict-observe�explain (POE) yang telah dikembangkan dengan validitas sebesar 0,93 (validitas tinggi). Sehingga
LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi tekanan fluida statis layak untuk
dilanjutkan pada tahap uji lapangan. Berdasarkan hasil uji respon keterbacaan siswa pada aspek
tampilan LKPD, penyajian materi LKPD, dan LKPD berorientasi POE yang telah dilakukan
kepada 21 siswa di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Pada aspek materi pada materi tekanan fluida
statis yang sudah dikembangkan memiliki persentase sebesar 86,73% (sangat baik). Pada aspek
bahasa memiliki persentase sebesar 84,05% (sangat baik). Pada aspek ketertarikan memiliki
persentase sebesar 82,74 % (sangat baik). Sehingga respon siswa terhadap uji keterbacaan produk
LKPD berorientasi predict-observe-explain (POE) pada materi tekanan fluida statis yang telah
dikembangkan didapatkan hasil setiap aspek memiliki persentase 84,89% (sangat baik).
Kata Kunci : Research and Development, model 4D, LKPD, predict-observe-explain (POE)
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:09 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16873 |