PENGGUNAAN ETNOSAINS DALAM PEMBUATAN TAPAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI BIDANG PANGAN KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

ROSA, ALVERA and Nirwana, Nirwana and Iwan, Setiawan (2022) PENGGUNAAN ETNOSAINS DALAM PEMBUATAN TAPAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI BIDANG PANGAN KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI-ALVERA ROSA-PENDIDIKAN IPA.pdf] Text
SKRIPSI-ALVERA ROSA-PENDIDIKAN IPA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran IPA
menggunakan etnosains. Desain penelitian yang digunakan adalah one group
pretest-posttest design dengan sampel penelitian berjumlah 37 orang siswa kelas
IX di salah satu SMP Negeri Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih
menggunakan teknik probality sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan tes yang terdiri dari 10 butir soal dalam bentuk essay. Data
dianalisis dengan menghitung data skor rata-rata gain (N-gain) untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa yang diukur dengan menggunakan microsoft
excel. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara statistik dengan melakukan
pengujian terhadap nilai pretest dan posttest siswa dengan melakukan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji-t berpasangan (paired sample t-test) dengan
menggunakan progam IBM SPSS statistic versi 25. Hasil rata-rata N-gain yang
diperoleh adalah 0,33 dan berada pada kategori peningkatan sedang. Hasil uji
hipotesis pada uji-t diketahui taraf signifikannya sebesar 0,001, lebih kecil dari
taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak. Hasil uji ini menunjukkan
bahwa pembelajaran IPA menggunakan etnosains dapat meningkatkan hasil
belajar siswa dengan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah
pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA
menggunakan etnosains dalam pembuatan tapai dapat meningkatkan hasil belajar
siswa pada materi bioteknologi bidang pangan.
Kata kunci : Pembelajaran Etnosains, Hasil Belajar Siswa, Bioteknologi

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:00
Last Modified: 10 Oct 2023 08:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16878

Actions (login required)

View Item
View Item