WINARNI, NIKEN RATNA and Nurul, Astuty Yensy and Ringki, Agustinsa (2022) ANALISIS UJI KOMPETENSI MATERI BILANGAN PADA BUKU KURIKULUM 2013 TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi.pdf [thumbnail of Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal uji kompetensi
pada materi bilangan berdasarkan teori Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian
ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan instrumen penelitian berupa
lembar klasifikasi soal. Hasil penelitian diperoleh enam tingkat kognitif soal
dengan persentase C1-Mengingat 0% (tidak ada sama sekali), C2-Memahami
sebesar 6,90% (2 butir soal), C3-Mengaplikasikan sebesar 68,96% (20 butir soal),
C4-Menganalisis sebesar 20,69% (6 butir soal), C5-Mengevaluasi sebesar 3,45%
(1 butir soal), dan C6-Mencipta 0% (tidak ada sama sekali). Hal ini menunjukkan
bahwa persentase tingkat kognitif mengaplikasikan (C3) lebih besar dari tingkat
kognitif lainnya, sehingga soal uji kompetensi materi bilangan pada buku
Matematika kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kemendikbud cenderung
melatih kemampuan peserta didik dalam menerapkan hasil belajar.
Kata Kunci : Kurikulum 2013, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:41 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16890 |