ANGGRAINI, NORA PIKA and Teddy, Alfra Siagian and Ringki, Agustinsa (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS AKM KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C018019_ Nora Pika Anggraini.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C018019_ Nora Pika Anggraini.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C018019_ Nora Pika Anggraini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis
matematis dalam menyelesaikan soal berbasis AKM kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota
Bengkulu. kemampuan berpikir kritis terdiri dari 4 indikator yaitu: (1) interpretasi,
(2) analisis, (3) evaluasi, dan (4) inferensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 30 orang siswa
kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.
Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen wawancara. Hasil
penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis dalam
menyelesaikan soal berbasis AKM kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu adalah
31,42% (rendah) . Sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis pada setiap kategorinya
yaitu: 1) kategori tinggi 1 siswa (3,33% ), 2) kategori sedang ada 2 siswa (6,67%), 3)
kategori rendah ada 21 siswa (70%) 4) kategori sangat rendah ada 6 siswa (20%). Jadi
dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Salah satu
upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis
matematis siswa adalah dengan cara pemilihan model dan metode pembelajaran yang
tepat untuk kemampuan berpikir kritis matematis.
Kata Kunci :AKM, Facione, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 02:49 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 02:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16891 |