SITA, RENI LARAS and Ringki, Agustinsa and Teddy, Alfra Siagian (2022) DIAGNOSIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 04 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RENI LARAS SITA_A1C018009_Pend.Matematika_SKRIPSI CETAK.pdf [thumbnail of RENI LARAS SITA_A1C018009_Pend.Matematika_SKRIPSI CETAK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RENI LARAS SITA_A1C018009_Pend.Matematika_SKRIPSI CETAK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan apa saja yang
dilakukan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04 Bengkulu Utara dalam
menyelesaikan soal teorema pythagoras dan mengindentifikasi faktor – faktor apa
saja yang menyebabkan kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 04
Bengkulu Utara dalam menyelesaikan soal teorema pythagoras. Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sasaran dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas VIII.1 dan VIII 2 SMP Negeri 04 Bengkulu Utara.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawancara,
sedangkan instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes diagnostik dan
lembar wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan
bahwa 1) kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik berupa: a) kesalahan
konsep sebesar 46,7% b) Kesalahan komputasi sebesar 19%, dan c) kesalahan
prosedur sebesar 72,5%. 2) faktor – faktor yang dapat menyebabkan peserta didik
melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada pokok bahasan
teorema Pythagoras yaitu berupa berupa kurang paham konsep penyederhanaan
akar dengan rata-rata sebesar 25%, kurang paham menentukan sisi-sisi pada
segitiga siku-siku dengan rata-rata sebesar 35%, tidak hafal perkalian dengan rata�rata sebesar 50%, lupa arah mata angin dengan rata-rata sebesar 50% , kurang
teliti dengan rata-rata sebesar 40%, dan faktor terburu-buru dengan rata-rata
sebesar 35%.
Kata kunci: deskriptif, diagnosis, kesalahan, Teorema pythagoras
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 08:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 08:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16909 |