SAFITRI, AULIA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
SKRIPSI AULIA SAFITRI (A1C018039).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Realistic 
Mathematic Education pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 11 Kota 
Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah 
penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari model 4D, yaitu 
pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian 
terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajar. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis RME memenuhi
kategori: (1) valid berdasarkan 29 aspek penilaian yang terdiri dari 9 aspek 
penilaian materi, 14 aspek penilaian konstruksi, dan 6 aspek penilaian bahasa 
dengan memperoleh kategori valid, (2) Sangat praktis dari 14 aspek penilaian 
dengan kecenderungan sangat setuju pada aspek penilaian kepraktisan, (3) Efektif 
dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal memperoleh 82% 
peserta didik yang tuntas serta hasil perhitungan N gain tes hasil belajar dengan 
rata-rata N gain 0,78 berada pada kategori ―tinggi‖.
Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, RME
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 11 Oct 2023 09:07 | 
| Last Modified: | 11 Oct 2023 09:07 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16913 | 

