PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU

SAFITRI, AULIA and Nurul, Astuty Yensy B and Teddy, Alfra Siagian (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI AULIA SAFITRI (A1C018039).pdf] Text
SKRIPSI AULIA SAFITRI (A1C018039).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Realistic
Mathematic Education pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 11 Kota
Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah
penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari model 4D, yaitu
pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian
terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis RME memenuhi
kategori: (1) valid berdasarkan 29 aspek penilaian yang terdiri dari 9 aspek
penilaian materi, 14 aspek penilaian konstruksi, dan 6 aspek penilaian bahasa
dengan memperoleh kategori valid, (2) Sangat praktis dari 14 aspek penilaian
dengan kecenderungan sangat setuju pada aspek penilaian kepraktisan, (3) Efektif
dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal memperoleh 82%
peserta didik yang tuntas serta hasil perhitungan N gain tes hasil belajar dengan
rata-rata N gain 0,78 berada pada kategori ―tinggi‖.
Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, RME

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:07
Last Modified: 11 Oct 2023 09:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16913

Actions (login required)

View Item
View Item