KHALIFAH, SHELA MARDHA and Hari, Sumardi and Agus, Susanta (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 BENGKULU UTARA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_A1C018027_Shela Mardha Khalifah.pdf [thumbnail of Skripsi_A1C018027_Shela Mardha Khalifah.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_A1C018027_Shela Mardha Khalifah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learning terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1
Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan
desain penelitian Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1
Bengkulu Utara yang berjumlah 315 orang. Pemilihan sampel menggunakan
teknik simple random sampling dengan kelas VII D berjumlah 32 orang sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII E berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol.
Analisis data menggunakan perhitungan N-Gain dan uji-t. Pada perhitungan N�Gain, diperoleh rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 0,5736 dan pada
kelas kontrol yaitu 0,3846. Pada uji-t untuk hasil posttest kedua kelas diperoleh
hasil thitung > ttabel yaitu 2,9502 > 2,00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning terhadap hasil
belajar matematika peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Bengkulu Utara.
Kata kunci: model problem based learning, hasil belajar matematika, materi
aritmetika sosial
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 04:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 04:35 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16936 |