Persepsi Khalayak Terhadap Image Djarum Coklat Dalam Iklan Yang Menggunakan Celebrity Endorser

Sitanggang, Hendrich and Wahyu , Widiastuti and Rasianna, Br Saragih (2011) Persepsi Khalayak Terhadap Image Djarum Coklat Dalam Iklan Yang Menggunakan Celebrity Endorser. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of SKRIPSI HENDRICH SITANGGANG-2.pdf] Text
SKRIPSI HENDRICH SITANGGANG-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Didalam tayangan iklan rokok tidak boleh ditampilkan gambar individu-individu
yang sedang mengkonsumsi rokok. Karenanya pengiklan harus bisa mengemas
secara kreatif agar khalayak tahu bahwa tayangan iklan yang disaksikan adalah
untuk mempromosikan sebuah produk rokok. Djarum Coklat sebagai salah satu
produk dari PT. Djarum yang memiliki tayangan iklan komersil yang biasa tayang
setelah waktu primetime di stasiun-stasiun televisi mengemas produknya dengan
iklan yang bernuansa alam dan pedesaan dengan menggunakan Nidji sebagai
celebrity endorser. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
persepsi khalayak terhadap produk Djarum Coklat, Nidji, dan iklan televisi
Djarum Coklat versi Nidji. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif
kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara
mendalam (in-depth interview) serta didukung oleh studi pustaka yang relevan
dengan penelitian. Penelitian dilakukan di Kecamatan Muara Bangkahulu dari
bulan Mei 2010 sampai Juni 2010. Berdasarkan kriteria informan yang dipilih
adalah orang–orang yang sering menonton televisi dan mengetahui tayangan iklan
Djarum Coklat versi Nidji. Dimana data yang didapat dari informan kemudian
dianalisis menggunakan kerangka konsep Teori Persepsi dan Model VisCAP. Dari
hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi yang muncul terhadap
tayangan iklan Djarum Coklat versi Nidji adalah produk untuk masyarakat
kalangan menengah kebawah, walaupun ada kecendrungan image dari Nidji akan
mengangkat image produk Djarum Coklat.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 10:51
Last Modified: 19 Nov 2013 10:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item
View Item