STRATEGI KOMUNIKASI LEADER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DAN LOYALITAS KELOMPOK JARINGAN MULTI LEVEL MARKETING

Darto, Herwin and Azhar, Marwan and Rasianna, Br Saragih (2010) STRATEGI KOMUNIKASI LEADER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DAN LOYALITAS KELOMPOK JARINGAN MULTI LEVEL MARKETING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNIB.

[thumbnail of Skripsi Herwin Darto-2.pdf] Text
Skripsi Herwin Darto-2.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Leader dalam
meningkatkan motivasi kerja dan loyalitas kelompok jaringan yang terdiri dari
karakteristik Sangunis, Plegmatis, melankolis dan Koleris, penelitian ini berkaitan
dengan model komunikasi menurut Berlo yaitu dalam melakukan komunikasi
terdiri dari Source, message, channel dan receiver. Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu dengan cara observasi partisipan terhadap kegiatan yang
dilakukan MLM Tianshi Bengkulu, Leader dan jaringannya, serta menggunakan
wawancara mendalam dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua
informan yaitu kunci (Leader dalam jaringan MLM Tianshi Bengkulu) dan
informan pokok yaitu downline atau anggota jaringan MLM Tianshi Bengkulu
serta Informan sumber yaitu Leader dari jaringan berbeda dari informan kunci
yang diteliti, informan sumber ini berfungsi sebagai penguji keabsahan data yaitu
dengan triangulasi sumber. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan
teknik analisa data kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini akan
menyajikan data-data hasil wawancara (interview), dokumentasi dan observasi
dalam bentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka, kalaupun ada data yang
berupa angka-angka sifatnya hanya sebagai penunjang.
Hasil penelitian ini menyimpulkan : (1) Leader dalam jaringan MLM
Tianshi Bengkulu melakukan strategi komunikasi melalui media pertemuan,
melakukan pendekatan secara personal dan melalui media alat bantu buku, kaset
dan net-p (2) Strategi komunikasi Leader dalam rangka meningkatkan loyalitas
anggota jaringan adalah melalui pendekatan pada tataran kerja dilapangan dimana
Leader menyelaraskan antara sikap dengan tindakan atau aksinya. Strategi
komunikasi Leader ini dilakukan dengan cara melakukan pendekatan personal
berfokus pada prospecting dalam pengembangan jaringan dengan melakukan
persentasi pada calon member yang direkomendasikan oleh downlinenya, Leader
melakukan pendekatan perosonal berfokus penetapan goals setting anggota
jaringan, serta Strategi Leader pada peningkatan kemampuan anggota jaringan
dalam melakukan persentasi. upaya itu bertujuan untuk meningkatkan loyalitas
anggota jaringan dengan mendorong pertumbuhan jaringan pada MLM Tianshi
Bengkulu.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: J Political Science > JF Political institutions (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication
Depositing User: 014 Abd. Rachman Rangkuti
Date Deposited: 19 Nov 2013 10:55
Last Modified: 19 Nov 2013 10:55
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item
View Item