ANALISIS PEMILIHAN RUTE ALTERNATIF AKIBAT KEBIJAKAN CAR FREE DAY PADA JALAN SOEPRAPTO (Studi Kasus Jaringan Jalan di Kawasan Jalan Soeprapto, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Letkol Santosa Kota Bengkulu)

WIJAYA, ANANG and Hardiansyah, Hardiansyah and Rosa, Khairul Amri (2023) ANALISIS PEMILIHAN RUTE ALTERNATIF AKIBAT KEBIJAKAN CAR FREE DAY PADA JALAN SOEPRAPTO (Studi Kasus Jaringan Jalan di Kawasan Jalan Soeprapto, Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Letkol Santosa Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi_Anang Wijaya_G1B018060.. - Anang Wijaya.pdf] Text
Skripsi_Anang Wijaya_G1B018060.. - Anang Wijaya.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Salah satu permasalahan dari kegiatan car free day di Kota Bengkulu yang
dilaksanakan di Jalan Soeprapto adalah kemacetan lalu lintas. Penelitian ini
memodelkan jaringan jalan di sekitar Jalan Soeprapto untuk mengetahui kinerja
jaringan jalan akibat peralihan rute. Pemodelan jaringan jalan yang dilakukan
pada penelitian ini adalah menambahkan skenario penambahan kapastitas jalan
dan pemberlakuan jalan satu arah dengan menggunakan software ZIN
Macrosimulation. Penelitian ini diawali dengan survei geometrik jalan dan arus
lalu lintas pada enam zona, yang terdiri dari tiga belas ruas jalan untuk
mengetahui kinerja jaringan jalan pada saat kondisi eksisting dan menyebarkan
kuesioner secara online kepada masyarakat yang pernah melewati Jalan
Soeprapto Kota Bengkulu. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa responden
setuju dengan rencana skenario yang akan dilakukan dan mengetahui arah
pergerakan dari pengguna Jalan Soeprapto ketika adanya kebijakan car free
day. Analisis pemodelan pada saat penerapan skenario 2 menunjukkan
terjadinya perubahan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan yang diteliti,
terutama pada Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Letkol Santosa yang awalnya
tingkat pelayanan jalan masing masing A dan B menjadi tingkat pelayanan jalan
C. Hasil pemodelan skenario 3 dengan melebarkan ruas Jalan Letkol Santosa
dan manajemen lalu lintas jalan satu arah pada Jalan Soekarno Hatta
menunjukan tingkat pelayanan jalan pada setiap ruas jalan yang diteliti lebih
baik dari tingkat pelayanan jalan pada saat kondisi di lapangan. Hal ini
menunjukan jaringan jalan dengan skenario ini merupakan solusi yang baik
untuk mengatasi kepadatan lalu lintas saat adanya kebijakan car free day.
Kata Kunci: Car Free Day, Peralihan Rute, ZIN Macrosimulation, Pemodelan
Jaringan Jalan, Kinerja Jaringan Jalan

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 22 Nov 2023 02:40
Last Modified: 22 Nov 2023 02:40
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item
View Item