Rhama Sandria, Harry and Seprianti, Hayadi and Rima, Suthia Hayu (2023) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP E-IMPULSE BUYING (Pada Pengguna E-Commerce di Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
HARRY RHAMA SANDRIA_C1B017061_SKRIPSI - Harry rhama.pdf
Download (2MB) | Preview
Abstract
Semakin aktif pengguna internet di Indonesia menjadikan pasar yang sangat 
bagus untuk pelaku industri e-commerce, hal ini membuka peluang yang besar 
bagi e-commerce dan market place di Indonesia semakin berkembang dengan 
keuntungan yang fantastis, seperti; Shopee, Lazada, Tokopedia, Bli-bli dan lain 
sebagainya. Tidak hanya situs berbelanja yang resmi bermunculan, tetapi ada juga 
produsen menggunakan akun pribadi dari pelaku e-commerce di media sosial 
seperti Instagram, Facebook, Twitter. Dengan adanya penggunaan penggunaan 
teknologi tersebut terjadi pergeseran prilaku konsumen yang pada awalnya 
melakukan pembelian secara offline sekarang sudah melakukan pembelian secara 
online. Impulse buying menjadi fenomena yang sangat menarik dalam dunia 
pemasaran hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan 
penjualan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari 
Impulse buying yang dipengaruhi oleh variabel hedonic shopping motivation, 
shopping lifestyle dan utilitarian browsing terhadap individu atau pengguna 
Platform e-commerce di Kota Bengkulu. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. 
pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner online melalui media 
sosial whatsapp, instagram dan facebook. Jenis penelitian yang digunakan dalam 
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang 
diperoleh dari penyebaran kuisioner online.  
Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan 
purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Populasi dalam 
penelitian ini adalah pengguna platform e-commerce apapun di Kota Bengkulu. 
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden yaitu masyarakat umum 
yang bertempat tinggal di kota Bengkulu, Kemudian data yang diperoleh tersebut 
dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program 
SPSS 21.0 for windows.  
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Hedonic shopping motivation dapat 
memengaruhi e-impulse buying secara positif dan signifikan. Jika konsumen 
memiliki nilai-nilai hedonisme yang tinggi, maka semakin impulsif pula 
pembelian yang dilakukaknnya. 2). Shopping lifestile dapat mempengaruhi e
impulse buying secara positif dan signifikan. Semakin tinggi gaya hidup belanja 
konsumen maka akan semakin impulsif juga pembelian yang akan di 
lakukankanya. 3). Utilitarian browsing dapat mempengaruhi e-impulse buying secara positif dan signifikan. Artinya bahwa apabila terjadi peningkatan terhadap 
utilitarian browsing, maka tingkat e-impulse buying pada e-commerce di Kota 
Bengkulu juga akan meningkat. 4). Hedonic shopping motivation, shopping 
lifestyle, dan utilitarian browsing berpengaruh secara simultan terhadap e-impulse 
buying. 
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini 
menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan 
utilitarian browsing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap e
impulse buying pada platform e-commerce di kota Bengkulu dan hedonic 
shopping motivation, shopping lifestyle dan utilitararian browsing berpengaruh 
secara simultan terhadap e-impulse buying. Adapun saran dalam penelitian ini 
bagi akademisi, yaitu penelitian ini dapat menjadi sumber informasi untuk 
menganalisis bagaimana pengaruh hedonic shopping motivation, shopping 
lifestyle dan utilitarian browsing terhadap e-impulse buying.  
Kata kunci : E-commerce, E-Impulse Buying Hedonic Shopping Motivation, 
Shopping Lifestyle, Utilitarian Browsing,
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) | 
| Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management | 
| Depositing User: | 56 nanik rahmawati | 
| Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:24 | 
| Last Modified: | 15 Jan 2024 04:24 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17398 | 

