PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP E-IMPULSE BUYING (Pada Pengguna E-Commerce di Kota Bengkulu)

Rhama Sandria, Harry and Seprianti, Hayadi and Rima, Suthia Hayu (2023) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING LIFESTYLE, DAN UTILITARIAN BROWSING TERHADAP E-IMPULSE BUYING (Pada Pengguna E-Commerce di Kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of HARRY RHAMA SANDRIA_C1B017061_SKRIPSI - Harry rhama.pdf]
Preview
Text
HARRY RHAMA SANDRIA_C1B017061_SKRIPSI - Harry rhama.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Semakin aktif pengguna internet di Indonesia menjadikan pasar yang sangat
bagus untuk pelaku industri e-commerce, hal ini membuka peluang yang besar
bagi e-commerce dan market place di Indonesia semakin berkembang dengan
keuntungan yang fantastis, seperti; Shopee, Lazada, Tokopedia, Bli-bli dan lain
sebagainya. Tidak hanya situs berbelanja yang resmi bermunculan, tetapi ada juga
produsen menggunakan akun pribadi dari pelaku e-commerce di media sosial
seperti Instagram, Facebook, Twitter. Dengan adanya penggunaan penggunaan
teknologi tersebut terjadi pergeseran prilaku konsumen yang pada awalnya
melakukan pembelian secara offline sekarang sudah melakukan pembelian secara
online. Impulse buying menjadi fenomena yang sangat menarik dalam dunia
pemasaran hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk meningkatkan
penjualan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model empiris dari
Impulse buying yang dipengaruhi oleh variabel hedonic shopping motivation,
shopping lifestyle dan utilitarian browsing terhadap individu atau pengguna
Platform e-commerce di Kota Bengkulu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey.
pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner online melalui media
sosial whatsapp, instagram dan facebook. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang
diperoleh dari penyebaran kuisioner online.
Teknik non-probability sampling digunakan dalam penelitian ini dengan
purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel. Populasi dalam
penelitian ini adalah pengguna platform e-commerce apapun di Kota Bengkulu.
Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 204 responden yaitu masyarakat umum
yang bertempat tinggal di kota Bengkulu, Kemudian data yang diperoleh tersebut
dianalisis dengan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan program
SPSS 21.0 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1). Hedonic shopping motivation dapat
memengaruhi e-impulse buying secara positif dan signifikan. Jika konsumen
memiliki nilai-nilai hedonisme yang tinggi, maka semakin impulsif pula
pembelian yang dilakukaknnya. 2). Shopping lifestile dapat mempengaruhi e
impulse buying secara positif dan signifikan. Semakin tinggi gaya hidup belanja
konsumen maka akan semakin impulsif juga pembelian yang akan di
lakukankanya. 3). Utilitarian browsing dapat mempengaruhi e-impulse buying secara positif dan signifikan. Artinya bahwa apabila terjadi peningkatan terhadap
utilitarian browsing, maka tingkat e-impulse buying pada e-commerce di Kota
Bengkulu juga akan meningkat. 4). Hedonic shopping motivation, shopping
lifestyle, dan utilitarian browsing berpengaruh secara simultan terhadap e-impulse
buying.
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini
menunjukkan bahwa hedonic shopping motivation, shopping lifestyle dan
utilitarian browsing berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap e
impulse buying pada platform e-commerce di kota Bengkulu dan hedonic
shopping motivation, shopping lifestyle dan utilitararian browsing berpengaruh
secara simultan terhadap e-impulse buying. Adapun saran dalam penelitian ini
bagi akademisi, yaitu penelitian ini dapat menjadi sumber informasi untuk
menganalisis bagaimana pengaruh hedonic shopping motivation, shopping
lifestyle dan utilitarian browsing terhadap e-impulse buying.
Kata kunci : E-commerce, E-Impulse Buying Hedonic Shopping Motivation,
Shopping Lifestyle, Utilitarian Browsing,

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 15 Jan 2024 04:24
Last Modified: 15 Jan 2024 04:24
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17398

Actions (login required)

View Item
View Item