PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN DAN KOMITMEN PEGAWAI DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (BPKD) PROVINSI BENGKULU

Citra, Citra and Slamet, Widodo and Sugeng, Susetyo (2024) PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA PELATIHAN DAN KOMITMEN PEGAWAI DI BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (BPKD) PROVINSI BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Tesis CITRA C2B018036 final_compressed.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Komitmen pegawai menjadi isu yang krusial dalam menindaklanjuti
pemanfaatan sistem aplikasi SIGNAL di Bapenda Provinsi Bengkulu. Pihak-pihak
yang terlibat di Bapenda, baik jajaran Polri, jajaran Bapenda, dan jajaran BPD
diminta untuk dapat bersinergi dengan baik dalam mendukung stabilitas sistem
agar dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Komitmen berbagai pihak yang
terlibat menjadi isu yang sangat penting untuk diperhatikan dalam menyusun
rencana kerja di Bapenda dalam pemanfaatan sistem. Karena komitmen pegawai
ini begitu penting bagi BPKD Provinsi Bengkulu, maka perlu diidentifikasi faktor
yang memengaruhinya, terutama dalam meningkatkan komitmen pegawai dalam
melakukan perubahan (inovasi layanan) ke arah layanan digital. Berdasarkan hasil
penelusuran literatur, pelatihan pegawai dan kepuasan kerja merupakan faktor
penting yang memengaruhi komitmen karyawan (Schmidt, 2010; Bulut and
Culha, 2010; Tabvuma et al., 2015; Hanaysha and Tahir, 2016; Ocen et al., 2017).
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh pelatihan pegawai terhadap
kepuasan kerja dan komitmen karyawan, serta menguji peran kepuasan kerja
dalam memediasi hubungan antara pelatihan dan komitmen pegawai.
Untuk menjawab pertanyaan penelitian, desain penelitian kuantitatif
digunakan. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen kuisioner yang
disebarkan secara online melalui jejaring group whatsapp pegawai BPKD di
masing-masing kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu. Data dikumpulkan
dalam satu waktu tertentu dengan menggunakan metoda cross sectional. Data
yang diperoleh akan diolah menggunakan bantuan software SPSS 22.0, untuk menguji hipotesis penelitian yang dibangun. Pengaruh hubungan antar variabel
diuji menggunakan regresi linear berganda dan pengujian regresi termediasi dari
Baron dan Kenny (1986) untuk menguji pengaruh antar variabel penelitian sesuai
dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian yang telah ditetapkan.
Hasil penelitian menemukan bahwa pelatihan pegawai berpengaruh
signifikan terhadap komitmen pegawai di BPKD, pelatihan pegawai berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai di BPKD, kepuasan kerja
berpengaruh signifikan terhadap komitmen pegawai di BPKD, kepuasan kerja
pegawai memediasi secara parsial pengaruh pelatihan pegawai pada komitmen
pegawai di BPKD. Hasil penelitian juga mengonfirmasi bahwa pelatihan pegawai
harus memerhatikan empat dimensi penting, yaitu motivasi mengikuti pelatihan,
akses untuk pelatihan, manfaat dari pelatihan, dan dukungan untuk pelatihan.
Empat dimensi ini penting untuk diperhatikan oleh BPKD dalam meningkatkan
motivasi, partisipasi, dan keikutsertaan pegawai dalam mengikuti keseluruhan
rangkaian pelatihan yang diadakan oleh organisasi. BPKD Provinsi Bengkulu juga
perlu untuk menyusun kebijakan dalam memberikan pelatihan bagi pegawai-nya.
Hal ini sangat diperlukan, khususnya dalam rangka mewujudkan perubahan.
Hasil penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu
dalam memperluas bukti empiris mengenai model komitmen pegawai yang
ditinjau dari variabel pelatihan dan kepuasan kerja. Peran variabel lainnya, seperti
innovative behaviour, knowledge sharing, employee performance masih
membuka peluang pengembangan model untuk penelitian lebih lanjut. Selain itu,
penggunaan longitudinal study juga diyakini mampu memperkuat keabsahan hasil
yang diperoleh dalam penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Feb 2024 08:19
Last Modified: 19 Feb 2024 08:19
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17586

Actions (login required)

View Item
View Item