Apriana, Bela and Sofino, Sofino and Citra, Dwi Palenti (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN METODE CBSA DI TPQ MAKRIFATUL ILMI MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN TAHUN 2022. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI FIKS BELA apriana.pdf [thumbnail of SKRIPSI FIKS BELA apriana.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FIKS BELA apriana.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an
dengan metode CBSA di TPQ makrifatul ilmi, subjek penelitian sebanyak empat
orang, metode penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data: teknik
wawancara, observasi, dan dokumentasi. teknik analisis data: reduksi data,
penyajian data, dan menarik kesimpulan, keabsahan data menggunakan teknik
triaggulasi. hasil penelitian berdasarkan masalah dan tujuan penelitian, hasil
penelitian ini menunjukan bahwa Pertama cara guru memberikan rangsangan
berfikir kepada peserta didik untuk memecahkan masalah dengan metode CBSA
yaitu guru menjelaskan materi yang akan di pelajari, selanjutnya guru
memberikan pertanyaan kepada santri, dari pertanyaan akan muncul sebuah
masalah,dari permasalahan santri akan terangsang untuk berfikir bagaimana cara
menghadapi masalah, seperti membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar.
Kedua,sumber belajar yang digunakan yaitu Al-Qur’an dan IQRO. Teknik
digunakan: teknik CBSA, asistensi, privat dan berkelompok, bahan ajar: buku
doa-doa harian, surat pendek dan hadits, Media: Al-Quran dan papan tulis,
alat/perlengkapan:papan tulis,meja belajar, absensi, buku evaluasi dan tempat
wudhu. Ketiga.kegiatan belajar yang bervariasi dengan Metode CBSA Di TPQ
Makrifatul Ilmi yaitu kegiatan belajar dilakukan secara berkelompok dan
individual. hambatan dalam kegiatan pembelajaran Al-Quran yaitu santri kurang
percaya diri dalam membaca Al-Qur’an.Keempat, suasana belajar Al-Qur’an di
TPQ makrifatul ilmi kondusif, pembelajaran dilakukan sntai tetapi serius. Ke
lima, Hasil yang dicapai santri yaitu Kemampuan mengingat dan berpikir dengan
guru mengadakan tes lisan untuk mengetahui batas pemahaman santri mengenai
cara praktik sholat, praktik wudhu dan membaca Al-Quran dengan tajwid .
Keterampilan yang di dapat yaitu gerakan mulut saat membaca tajwid Al-Quran
dan gerakan badan saat praktek sholat dan wudhu, nilai yang didapat dilihat dari
raport evaluasi hasil belajar siswa.
Kata Kunci :Pembelajaran, Al-Quran, Metode CBSA, TPQ
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 19 Apr 2024 07:41 |
Last Modified: | 19 Apr 2024 07:41 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17768 |