Hidayat, Rahmat and Nasution, Nasution and Fahrudin, JS Pareke (2021) PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK BNI SYARIAH KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
RAHMAT HIDAYAT C1B016106.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Kinerja adalah hasil kerja baik secara kualitas maupun kuantitas yang telah
dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Adapun faktor-faktor yang
dapat mempengaruhi kinerja diantaranya adalah faktor psikologis yang dalam hal
ini adalah psychological capital yang memiliki komponen self-efficacy, optimism,
hope, dan resilience. Karyawan yang memiliki psychological capital yang tinggi
dapat berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang semakin tinggi juga.
Selanjutnya psychological capital memiliki potensi yang tinggi dalam
memberikan kontribusi untuk meningkatkan kinerja karyawan, yaitu
psychological capital dapat menjadi modal dan motivasi karyawan dalam
mengembangkan diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
psychological capital terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota
Bengkulu.
Psyhological capital atau modal psikologi adalah keadaan perkembangan
psikologis positif seseorang dan ditandai dengan: (1) memiliki kepercayaan diri
(self-efficacy) untuk mengambil dan melakukan upaya yang diperlukan untuk
berhasil dalam tugas-tugas yang menantang; (2) membuat atribusi positif
(optimism) tentang kesuksesan sekarang dan di masa depan; (3) bertahan menuju
tujuan dan, jika perlu, mengarahkan jalan menuju tujuan (hope) untuk berhasil;
dan (4) ketika dilanda masalah dan kesulitan, mempertahankan dan bangkit
kembali dan bahkan melampaui (resilience) untuk mencapai kesuksesan.
(Luthans, Youssef, & Avolio, 2007).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan
data primer yang diperoleh melalui kuesioner secara offline. Penelitian ini
melibatkan 93 pegawai PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu yang dijadikan
sampel penelitian. Teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan Software
Statistical Package For Social Science (SPSS) versi 20.0. Metode analisis dalam
penelitian ini menggunakan regresi linier berganda
Hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa psychological capital
yang memiliki empat komponen yaitu : 1) Self-efficacy berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu
dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,366 dengan sig. 0,000. 2) Optimism
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bank BNI
Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,339 dengan sig.
0,000. 3) Hope berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT.
Bank BNI Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,455 dengan sig. 0,000. 4) Resilience berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi
sebesar 0,346 dengan sig. 0,000.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan penelitian terdapat beberapa
saran yang dapat diberikan berkaitan dengan psychological capital dan kinerja
yaitu, bagi pihak PT. Bank BNI Syariah Kota Bengkulu disarankan untuk lebih
memperhatikan serta menjaga kesehatan mental dari para karyawan sehingga
memiliki modal psikologis yang lebih baik untuk tetap berkontribusi terhadap
perusahaan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 07 May 2024 02:27 |
Last Modified: | 07 May 2024 02:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/17963 |